Home Kesehatan Dinkes Blora Tunggu Surat Resmi Balai POM untuk Tertibkan Viostin DS dan...

Dinkes Blora Tunggu Surat Resmi Balai POM untuk Tertibkan Viostin DS dan Enzyplec Tablet

Dinkes Blora
          BLORA, 4/2 (BeritaJateng.net) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan adanya kandungan deoxyribose-nucleic acid (DNA) Babi pada suplemen Viostin DS dan Enzyplex tablet.
          Hingga kemarin Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora masih belum menerima surat resmi dari BPOM RI. Sehingga, sampai saat ini masih belum ada tindaakan apapun terkait adanya DNA babi di Obat suplemen ini.
           ”Dari BPOM surat resmi belum kita terima,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora Henny Indriyanti (3/2/2018).
            Namun, meski sampai saat ini masih belum ada surat edaran dari BPOM RI Henny mengaku, saat ini dengan adanya berita tersebut sudah diberikan terusan kepada institusi kesehatan, apotik dan toko obat yang ada di Blora terkait adanya kandungan DNA babi pada suplemen itu. Karena menurutnya untuk kasus ini juga saat ini sudah ditangani lansung oleh BPOM RI.
           Tapi sampai saat ini pihaknya masih belum ada larangan untuk menjual suplemen mengandung DNA babi. Karena, dia masih belum memiliki landasan hukum kuat untuk melakukan pelarangan. Baru bisa nanti untuk melakukan pelarangan setelah adanya surat resmi. ”Jadi kita tunggu surat resmi dari BPOM,” imbuhnya.
            Perlu diketahui, dalam laman resminya BPOM RI dengan adanya berita viral terkait suplemen yang mengandung DNA babi menjelaskan, sampel produk yang Viostin DS produksi PT. Pharos Indonesia dengan nomor izin edar (NIE) POM SD.051523771 nomor bets BN C6K994H, dan Enzyplex tablet produksi PT Medifarma Laboratories dengan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 16185101.
          Berdasarkan hasil pengawasan terhadap produk yang beredar di pasaran melalui pengambilan contoh dan pengujian terhadap parameter DNA babi, ditemukan bahwa produk di atas terbukti positif mengandung DNA Babi.
(MN/El)