Home Headline Dinkes Blora Temukan Rhodamin B pada Makanan Saat Razia di Pasar Tradisional

Dinkes Blora Temukan Rhodamin B pada Makanan Saat Razia di Pasar Tradisional

Ditemukan zat berbahaya pada makanan saat razia di pasar tradisional Blora

BLORA, 3/5 (BeritaJateng.net) – Menjelang lebaran tim gabungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora, Jawa Tengah temukan sejumlah makanan yang mengandung zat berbahaya saat menggelar razia di pasar tradisional Jepon (Senin, 3/5).

“Ini adalah kegiatan rutin dari Dinas Kesehatan Blora jelang lebaran, kali kami melibatkan Badan POM dari Provinsi Semarang. Dalam kegiatan ini kami temukan 4 jenis krupuk dari 21 sample makanan mengandung Rhodamin,” ungkap Siti Mahfullah Kasi Farmalkes Dinkes Blora.

Ditambahkan Siti ,lantaran biasanya menjelang lebaran ini, komoditi masyarakat untuk membeli makanan itu melonjak.

Tim gabungan yang terdiri dari Dinkes, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Polri ini berkeliling dipasar Jepon, mengambil sample di sejumlah kios milik pedagang yang dicurigai mengandung zat berbahaya.

Dalam swiping itu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang, menggunakan alat sinar UV untuk mendeteksi makanan yang diduga mengandung zat pewarna tekstil.

“Kita ambil sample sebanyak 21 satu jenis makanan, kita bawa lalu kita uji lab cepat di kantor pasar Jepon,” jelasnya.

Saat ini pihaknya hanya memberi peringatan kepada para pedagang, untuk tidak menjual krupuk yang mengandung Rodhamin.

“Tidak ada sanksi, kita hanya peringatkan untuk tidak menjual makanan tersebut. Namun jika nanti masih membandel akan ada sangsinya. Saya berpesan agar pembeli waspada. Jangan membeli makanan dengan warna kuning dan merah yang mencolok,” tutupnya. (Her/El)