Home News Update Dinas Pendidikan Serahkan Beasiswa bagi Peraih US dan UN Tertinggi

Dinas Pendidikan Serahkan Beasiswa bagi Peraih US dan UN Tertinggi

Purbalingga, 8/9 (BeritaJateng.net) – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, Kamis (8/9) menyerahkan beasiswa prestasi bagi siswa SD/MI yag meraih nilai Ujian Sekolah (US) tertinggi, dan kepada siswa SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang meraih nilai tertinggi pada Ujian Nasional (UN).

Sebanyak Rp 106.500.000 yang bersumber dari APBD Purbalingga diberikan kepada 125 siswa penerima beasiswa , di Aula Sudirman Dinas Pendidikan Purbalingga.

Ke 125 siswa penerima beasiswa prestasi itu, terinci dari SD 56, MI 36, SMP 10, MTs 5, SMA IPA 5, SMA IPS 5, SMK 5 dan Madrasah Aliyah (MA) 3. Untuk jenjang SD/MI setiap siswa menerima Rp 750 ribu, SMP/MTs Rp 1 juta, dan SMA/MA/SMK Rp 1.250.000,-.

Untuk penerima beasiswa dari SD, dari 18 kecamatan di Purbalingga, setiap kecamatan mengirimkan tiga siswanya yang meraih tiga besar perolehan nilau US. Sedangkan MI diambil dua besar untuk setiap kecamatan.

Untuk jenjang SMP, diambil 10 besar peraih nilai UN yang sebagian besar diborong siswa SMPN 1 Purbalingga, dan seorang dari SMPN 1 Bukateja.Demikian halnya untuk jenjang SMA, diambil lima besar untuk jurusan IPA, dan lima besar untuk jurusan IPS, yang semuanya baik IPA maupun IPS penerima beasiswa diborong siswa dari SMAN 1 Purbalingga.

Untuk jenjang SMK, diambil lima besar yang semuanya diborong siswa SMKN 1 Purbalingga, dan jenjang MA diambil 3,masing -masing dari jurusan IPA, IPS dan Agama.

Untuk jenjang SD/MI, nilai US tertinggi diraih Nnda NurAiya dari SDN 1 Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, dan Fina Destikaningrum dari SDN 1 Prigi Kecamatan Padamara, keduanya meraih nilai sama 293,5 atau rata-rata untuk tiga mata pelajaran 97,83.

Untuk jenjang SMP peraih nilai UN tertinggi Tiara Novis Saputri dari SMPN 1 Purbalingga, dengan jumlah nilai UN 394,00 atau rata-rata untuk empat mata pelajaran 98,5. Bahkan, Tiara masuk 10 besar peraih nilai UN SMP tingkat Provinsi Jawa-Tengah.

Untuk jenjang SMA, peraih nillai UN tertinggi Bagas Anindito dari jurusan IPA SMAN 1 Purbalingga, dengan jumlah nilai UN 547,5 atau rata-rata untuk enam mata pelajaran 91,25. Bagas yang putra pertama dari dua bersaudara pasangan Drs. Prasetyo (guru SMPN 1 Bukateja) -Titis Sri Andijati, S.Kep. Ners (perawat RS Margono Soekaryo Purwokerto), kini kuliah di D3 Pajak Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Jakarta.

Sebelumnya, Bagas diterima lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Fakultas Kedokteran UNS, dan di Teknik Kimia Undip jalur mandiri. Namun Bagas lebih memilih kuliah di STAN yang merupakan pergurian tinggi ikatan dinas Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Dari jenjang SMK, peraih nilai UN tertinggi Alfri Puji Rahayu, SMKN 1 Kaligondang, dengan jumlah nilai UN 373,0 atau rata-rata untuk empat mata pelajaran 93,25. Sedangkan dari jenjang MA peraih nilai UN tertinggi Bungsu Aldian Rifqi dari MAN Purballingga, dengan jumlah nilai UN 502 atau rata-rata 83,66.

Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi memohon maaf, karena pemberian beasiswa prestasi bagi peraih nilai US/UN tertinggi baru bisa dilaksanakan hari ini. Pasalnya, mekanisme keuangan yang harus dijalani sekarang, berbeda dengan sebelumnya.

Tentu saja, dengan keterlambatan ini, para penerima beasiswa prestasi, khususnya dari siswa SMA, tidak bisa menerima langsung, karena rata-rata sudah kuliah di luar kota, sehingga diwakili oleh orang tua masing-masing.

“Saya berpesan, jangan berpuas diri dengan prestasi yang telah diraih ini. Teruslah belajar dan belajar semaksimal mungkin, untuk kehidupan yang lebih baik. Dan saya berpesan, gunakan beasiswa prestasi ini untuk kepentingan pendidikan, jangan untuk beli beras maupun beli pulsa,” pesan Tri Gunawan Setyadi. (BJ33)

Comments are closed.