Home News Update Dimonitor Langsung KPU, Sesepuh Samin Bebaskan Warga Samin Gunakan Hak Pilihnya

Dimonitor Langsung KPU, Sesepuh Samin Bebaskan Warga Samin Gunakan Hak Pilihnya

Dimonitor Langsung KPU, Sesepuh Samin Bebaskan Warga Samin Gunakan Hak Pilihnya
       BLORA, 9/2 (BeritaJateng.net) – Suku Samin di desa klopoduwur  kabupaten Blora Jawa tengah membebaskan pengikutnya untuk menggunakan hak suaranya dalam pilkada jawa tengah mendatang. Hal ini disampaikan sesepuh suku Samin Klopoduwur, Lasio saat dilakukannya monitoring lapangan pendataan proses pencocokan dan penelitian (COKLIT) oleh KPU Jawa tengah di pendopo sedulur Samin Jumat siang (9/2/2018).
        Menurut Lasio, dirinya tidak akan memaksa warga Samin lainnya untuk menggunakan suaranya dalam Pilgub mendatang. Dirinya membebaskan keturunannya memilih sesuai dengan keyakinannya.
       “Mboten mekso, kantun legane sedulur niku pripun kan ngoten. Kulo geh mboten nyukani pengarahan, geh pribadine kiyambak-kiyambak, seng teng atine seng pundi Kulo mboten nyukani pangertosan, (tidak maksa, terserah mereka, kan gitu. Saya juga tidak memberi pengarahan, biar pribadinya sendiri-sendiri, yang sesuai hati nuraninya yang mana saya tidak memberi pengarahan),” ujar Lasio di rumahnya.
        Meski membebaskan warga samin lainnya, ia sendiri mengaku akan memilih netral alias tidak memilih salah satu Paslon yang ada.
         “Nek Kulo kiyambak, ngeten, Kulo mboten derek mriko mboten derek mriki, Kulo istirahat teng griyo. (Kalau saya sendiri, begini, saya tidak ikut sana juga tidak ikut sini. Saya istirahat di rumah saja),” terangnya.
         Lasio menambahkan, alasan kenapa dirinya memilih netral karena tidak ingin menyakiti orang lain. “Nek Kulo derek mriko seng mriki gelo, Yen Kulo derek mriki mangke seng mriko gelo. Enggeh netral mawon. (Kalau saya ikut sana yang sini kecewa, kalau saya ikut sini yang sana kecewa, ya saya netral aja),” ungkapnya.
        Anggota KPU Jawa tengah, muslim Aisha mengatakan, kedatangnnya untuk memastikan jika warga samin sudah terdata semua. “Kita tadi sudah mendapat dukungan dari Mbah Lasio dan dipastikan PPDP sudah mendata semua. Ini menjadi kelegaan kita semua karena warga samin sudah terdata semua sehingga bisa ikut pemilu,” tuturnya.
         Muslim menambahkan jika hasil laporan dari petugas PPDB, seluruh warga samin yang ada sekitar 76 KK sudah menggunakan e-KTP dalam proses coklitnya. “Ini juga sudah menggunakan e-KTP sehingga prosesnya sama dengan warga lainnya,” tutupnya.
(MN/El)