Home Headline Dicoret KPU, Warsit Akan Banding Ke Bawaslu

Dicoret KPU, Warsit Akan Banding Ke Bawaslu

514
Dicoret KPU, Warsit Akan Banding Ke Bawaslu
         BLORA, 24/7 (BeritaJateng.net) – Wasit Bacaleg partai Hanura yang sudah dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam pencalonan sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Blora Bakal tetap mempertahakan diri mencalonkan pada pemilu 2019 nanti. Bahkan dirinya bakal melakukan banding ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), untuk mempertahankan dirinya.
         Menurut Warsit, KPU  tidak bisa menghalangi hak setiap warga negara untuk memilih dan dipilih dalam pelaksanaan pemilu. Bahkan dari undang-undang pemilu juga tidak melarang mantan napi korupsi untuk mencalonkan diri sebagai Bacaleg. ”Padahal KPU itukan hanya penyelengaran, bukannya pengadilan pemilu,” ujarnya Selasa (24/7/2018).
         Warsit mengatakan, KPU bisa mengikuti undang-undang yang produk hukumnya lebih tinggi dari peraturan KPU.
       Dirinya pun mengaku siap melakukan gugatan ke Badang Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas pencoretan dirinya untuk menjadi Bacaleg di Blora. ”Ini teman-teman sudah banyak yang mengajukan banding ke bawaslu dari berbagai daerah, tapi saya belum, mungkin setelah ini nyusul, saya juga sudah dipangil di Bawaslu juga,” ketanya.
       Baginya jika memang belum ada keputusan yang bersifat hukum tetap dari putusan MA dirinya beserta Bacaleg dari daerah lain yang mencalonkan diri akan tetap bersikukuh mencalonkan. ”Kalau nanti keputusannya boleh, maka otomatis nama saya akan masuk daftar lagi,” imbuhnya.
        Di tempat terpisah, komisioner KPU Blora, Ahmad Husein mempersilahkan parpol untuk mempertahankan bacaleg yang telah dicoret. Pihaknya tetap akan menjalankan aturan yang telah ada. “Silahkan kalau mau mempertahankan, tapi kami komitmen akan menjalankan aturan PKPU yang ada”, tandas Husein.
(MN/El)