Home Headline Dibuang di Kebun Cabe Bayi ini Masih Hidup

Dibuang di Kebun Cabe Bayi ini Masih Hidup

image
Ilustrasi

Temanggung, 2/2 (Beritajateng.net) – Bayi perempuan yang diduga baru dilahirkan dibuang di ladang cabai di Dusun Gedangan, Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Bayi tersebut ditemukan oleh pemilik ladang, Yanto Naruf (65), warga Dusun Gedangan, Desa Bansari, Kecamatan Bulu pada Senin sekitar pukul 05.30 WIB.

Ketika itu, dirinya akan menyemprot tananam cabai.

“Saat ke ladang tiba-tiba terdengar suara bayi dan setelah saya dekati ternyata ada bayi di dalam sebuah kardus dengan alas karung dan tubuh bayi dibalut baju pramuka,” katanya.

Ia mengatakan bayi tersebut masih berlumuran darah dengan plasenta masih melekat di tubuhnya.

Melihat kejadian tersebut, dirinya kemudian melapor ke Kaur Kesra Desa Bansari, Teguh, yang rumahnya tidak jauh dari lokasi temuan bayi.

“Bayi tersebut kemudian dibawa ke rumah Pak Teguh kemudian dibawa ke Puskesmas Bulu,” katanya.

Dokter Puskesmas Bulu Lanny Ester mengatakan bayi perempuan tersebut memiliki berat badan 2,9 kilogram dan panjang 50 centimeter.

“Kondisi bayi sehat. Diduga bayi baru dilahirkan sekitar dua jam sebelum ditemukan. Sementara bayi dirawat di puskesmas,” katanya.

Mengetahui bayi yang dibuang di ladang, pihak Kepolisian Sektor Bulu bergerak cepat.

Kepolisian setempat menerjunkan personel untuk menyelidiki kasus tersebut.

Beberapa jam kemudian, petugas menemukan pelaku pembuang bayi yang juga ibu kandung bayi, Sumiyati (37), warga Dusun Dari, Desa Bansari.

“Temuan bayi ini sudah kami laporkan ke Polres Temanggung, selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pihak perangkat desa dan keluarga untuk tindak lanjut kasus ini,” kata Kapolsek Bulu AKP Untung Djoko.(ant/bj02)