Home Lintas Jateng Dewan Sarankan Pemkot Cari Pedagang Baru untuk Pasar Ikan Rejomulyo

Dewan Sarankan Pemkot Cari Pedagang Baru untuk Pasar Ikan Rejomulyo

Walikota Semarang Hendrar Prihadi meninjau pasar Rejomulyo yang diperuntukkan untuk relokasi pedagang pasar ikan (pasar kobong).

**Pedagang Dinilai Cari-cari Alasan Tak Mau Pindah

Semarang, 7/9 (BeritaJateng.net) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang menyarankan kepada Dinas Pasar agar mencari pedagang lain yang mau mengisi lapak di bangunan baru pasar Ikan Rejomulyo yang ditolak pedagang Pasar Ikan lama.

Sejumlah pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Ikan Basah dan Pindang, (PPIBP) Pasar Rejomulyo kembali melakukan audiensi di ruang Serba Guna DPRD kota Semarang bersama Kepala Dinas pasar yang di fasilitasi Pimpinan DPRD kota Semarang, Rabu.

Dari hasil pertemuan tersebut memang sempat menemui jalan buntu, keinginan pedagang untuk menempati bangunan baru pasar Ikan setelah dilakukan perbaikan disejumlah sektor ditolak oleh Dinas Pasar.

Sementara keinginan dari Dinas Pasar, yakni relokasi pedagang pasar Kobong atau pasar Ikan lama menuju bangunan terlebih dahulu, kemudian akan dilakukan perbaikan terkait keluhan pedagang.

Melihat debat kusir ini, salah satu anggota Komisi B Ari Purbono yang ikut dalam Audiensi menyebutkan Pedagang mesti menerima pembangunan pasar Ikan baru yang telah dilakukan pemkot Semarang, mesti diakuinya masih banyak pembenahan.

“Yang paling penting dari Pasar Rejomulyo saat ini yakni optimalisasi pasar dari para pedagang untuk meramaikan. Karena, akan terasa percuma jika pembangunan yang menelan nilai Rp. 30 miliar lebih APBD kota Semarang tidak tepat sasaran,” ujarnya.

Bahkan pihaknya memberikan rekomendasi kepada Kepala Dinas Pasar untuk mencari Pedagang Ikan lain yang mau menepati bangunan tersebut untuk dapat dioptimalkan.

“Kalau pemkot sudah memberikan pendekatan baik-baik oleh Pedagang tapi ditolak, dan seterusnya. Berikan kesempatan kepada pedagang lain yang tidak memiliki kesempatan di Pasar Rejomulyo. Tema saat ini adalah Optimalisasi Pasar, saya ada fungsi di DPRD merekomendasikan Dinas pasar jangan bergantung pada mereka yang banyak tuntutan,” tegas Politisi PKS.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD kota Semarang dari Fraksi Gerindra Joko Santoso yang memimpin Audiensi tersebut, menyebutkan siap mengawal perbaikan dinas pasar di bangunan Baru Pasar Rejomulyo hingga semua pedagang Pasar Ikan Rejomulya lama menempati bangunan tersebut.

“Sebenarnya ada tawaran dari Dinas Pasar agar di anggaran perubahan ini dikerjakan perbaikan namun pedagang diharapkan untuk pindah terlebih dulu. Dari Dinas pasar menekankan untuk bulan September ini Pedagang pindah dulu ke pasar baru. Namun harapan saya ada usulan dari para pedagang PPIBP untuk menawar akhir bulan Desember sembari menunggu perbaikan dikerjakan September hingga November ini. Akan tetapi para pedagang malah bersikukuh tetep menolak Pindah dan memakai tempat lama hingga perbaikan dituntaskan pemkot,” jelas Joko.

Disisi lain Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko menuturkan terkait usulan pencarian pedagang baru pihaknya enggan melakukannya untuk jangka pendek.

“Dinas Pasar akan melakukan pendekatan terlebih dulu kepada para pedagang pasar. Namun demikian hal itu tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan kami dengan mencari pengganti pedagang ikan untuk meramaikan pasar baru tersebut,” ungkap Trijoto.

Pedagang Ikan Basah dan Pindang (PPIBP) Pasar Rejomulyo yang diwakili ketua PPJP Kota Semarang Suwanto dalam audiensi tersebut masih ngotot ingin bertahan dipasar lama sebelum perbaikan dilakukan di Bangunan baru.

“Perbaiki dulu, baru kami akan pindah,” tegas Suwanto. (Bj05)

Advertisements

Comments are closed.