Home DPRD Kota Semarang Dewan: Perlu Pencegahan Dini Bencana Di Semarang

Dewan: Perlu Pencegahan Dini Bencana Di Semarang

Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau lokasi banjir bandang di Perumahan Wahyu Utomo, Ngaliyan.

SEMARANG, 11/2 (BeritaJateng.Net) – Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Mualim meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk segera mengambil langkah dalam melakukan pencegahan lebih dini untuk mengantisipasi bencana seperti air bah, banjir bandang maupun tanah longsor.

“Ya harapan kami pemerintah segera bergerak cepat dalam mengantisipasi sedini mungkin pencegahan bencana, sehingga bencana seperti tanah longsor maupun air bah tidak terjadi lagi,” kata Mualim.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, perlu adanya fokus dari pemerintah untuk terus melakukan pembenahan seperti perbaikan infrastruktur, normalisasi sungai-sungai, hingga pengawasan yang lebih ketat kepada para investor atau pengembang perumahan dan juga pengembangan kawasan industri, agar tidak membangun di daerah daerah yang menjadi resapan atau rawan terjadinya bencana.

“Membenahi infrastruktur supaya bagus, normalisasi sungai-sungai secepatnya harus dilaksanakan, serta pengawasan pembangunan pengembangan perumahan harus diatur jangan sampai kantong-kantong resapan di bangun perumahan, dan   Pengembangan kawasan industri juga harus di atur,” jelasnya.

Selain itu terkait dengan Bencana yang sudah terjadi beberapa saat lalu yakni, air bah atau banjir bandang yang terjadi di Perum Wahyu Utomo Ngalian dan Tanah longsor yang terjadi di Perumahan Bukit Menjangan Asri beberapa saat lalu, Ia berharap Pemkot sesegera mungkin memberi bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana tersebut.

“Masyarakat yang kena korban banjir atau tanah longsor harus mendapatkan tali asih tetapi harus ada klasifikasi  sesuai dg tingkat kerusakan dan kebutuhan,” ungkapnya. (El)

Advertisements