Home Headline Desa Wisata Simbol Bagi Kebangkitan Ekonomi Nasional

Desa Wisata Simbol Bagi Kebangkitan Ekonomi Nasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Magelang, 7/6 (BeritaJateng.net) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang mengangkat tema Indonesia Bangkit ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, adalah sebuah acara yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream, diisi dengan kegiatan kunjungan menjelajah desa wisata yang sudah berkembang maupun berkelanjutan di daerah regional dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Rangkaian sosialisi acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan dimulai pada tanggal 22 Mei – 25 Juni 2021. Setelah sukses diselenggarakan di Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan, kali ini sosialisasi dilaksanakan di Desa Candirejo Magelang.

Sandiaga Salahudin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan,Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diharapkan menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

”Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, menjadikan desa wisata sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat,” kata Sandiaga Uno saat berkunjung di Desa Candirejo Magelang, Minggu (6/6/2021), seperti dikutip dalam pers releasenya.

Desa Candirejo, Kabupaten Magelang dipilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena Desa Candirejo merupakan salah satu dari 16 desa terpilih yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif.

Desa Candirejo sebagai desa wisata pertama dari Kabupaten Magelang yang tersertifikasi.
Desa wisata Candirejo sesuai dengan namanya, yang berarti tanaha penuh dengan batu namun tetap subur, sehingga menghasil kerajinan tangan dari batu alam (ulekann, cobek, stupa hiasan).

Candirejo dikenal juga sebagai simbol budaya jawa, mengunggulkan atraksi budaya seni tari jatilan, seni musik gamelan, hingga olahan kuliner berbahan dasar tempe yang sedang diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.

Sandiaga Uno melanjutkan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata. Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini.

“Jadi, daftarkan Desa Wisata kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” ujar Sandiaga Salahudin Uno.

Acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan mengusung 7 (Tujuh) kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, diantaranya CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.
Adapun tahpan pelaksanaannya dimulai dari promosi 30 April – 25 Juni 2021, registrasi online 7 Mei – 26 Juni 2021, promosi regional 20 Mei – 24 Juni 2021, kurasi 28 Juni – 2 Juli 2021, pembekalan atau workshop 5 – 16 Juli 2021, penetuan 50 desa terbaik 16 – 20 Agustus 2021, visit 23 Agustus – 12 November 2021, penentuan 10 besar 15 – 19 November 2021, penentuan 4 besar 22 November – 3 Desember 2021 dan malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 pada tanggal 7 Desember 2021. (Ak/El)