Home Headline Desa Wisata Kalipucung Potensial Dikembangkan Lebih Optimal

Desa Wisata Kalipucung Potensial Dikembangkan Lebih Optimal

UNGARAN, 27/5 (Beritajateng.net) – Desa Wisata Edukasi Kalipucung yang terletak di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang memiliki potensi besar yang memungkinkan untuk dikembangkan lebih optimal.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto mengungkapkan, beberapa potensi yang bisa mendukung kebesaran Desa Wisata Kalipucung diantaranya suasana alam yang sejuk, Seni tradisional, Kuliner khas kampung, dll.

“Yang saya kangeni kalau kesini adalah makan Nasi Gudangan pakai Tempe dan Gereh (ikan asin),” ungkapnya dalam silaturahmi Masyarakat Desa Kalipucung dengan Ketua DPRD Jateng di Aula Desa Wisata Edukasi Kalipucung, Kamis (27/5/2021).

Desa Wisata Kalipucung saat ini masih dikategorikan sebagai Desa Wisata Rintisan. Oleh karena itu Bambang Kusriyanto yang akrab disapa Bambang Krebo ini minta agar fasilitas pendukung di desa ini dilengkapi agar bisa naik statusnya menjadi Desa Wisata Berkembang dan maju.

“Saya minta fasilitasnya segera dilengkapi. Misalnya Homestay yang cukup representative yang bisa membuat tamu nyaman untuk menginap disini. Tidak harus mewah,” katanya.

Dengan adanya Desa Wisata Kalipucung melengkapi alternatif Destinasi Wisata lokal yang ada. Saat ini Kabupaten Semarang memiliki Desa Wisata Religi Nyatnyono yang sudah punya kategori Desa Wisata Maju.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan, perlu adanya keterlibatan kaum perempuan baik ibu ibu maupun remaja putri agar penataan Kawasan dan kegiatan yang ada lebih menarik.

“Sentuhan perempuan itu berbeda dengan laki laki. Desa Wisata ini akan lebih menarik kalau banyak mendapat sentuhan kaum perempuan,” jelasnya.

(NK)