Home Headline Dengan Empat Pilar, Bangsa Indonesia Tidak Mudah Terpecah Belah

Dengan Empat Pilar, Bangsa Indonesia Tidak Mudah Terpecah Belah

356

WONOGIRI, 29/11 (Beritajateng.net) – Semangat Empat Pilar Kebangsaan nenjadi kunci terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Perbedaan yang ada bukan menjadi sumber masalah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah Casytha A Kathmandu dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang berlangsung di RM Saraswati Brumbung Kabupaten Wonogiri, Jumat (29/11).

“Dengan semangat empat pilar kebangsaan ini diharapkan bangsa Indonesia tidak mudah terpecah belah. Kita bisa menerima semua perbedaan yang ada,” ungkapnya.

Sytha panggilan akrab Casytha menjelaskan, perbedaan yang ada di Indonesia sangat beragam tetapi secara garis besar terbagi menjadi tiga bagian besar. Yakni suku, agama dan Ras.

“Mudah mudahan sosialisasi ini tidak hanya sekedar menjadi wacana. Ketika anak muda paham mengenai esensi Empat Pilar Kebangsaan dan mengadopsi semangat Empat Pilar Kebangsaan, maka ini dapat menjadi karakter mereka,” jelasnya.

Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika menurut Sytha akan terus relevan dan menjadi alat pemersatu bangsa.

Lebih lanjut Putri Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Pacul ini menjelaskan, saat ini banyak generasi muda kita terpapar Radikalisme yang kemudian menumbuhkan Terorisme. Oleh karena itu diharapkan generasi muda di seluruh Indonesia untuk memahami dan mengadopsi semangat empat pilar dalam kehidupan sehari hari.

“Radikalisme dan terorisme Insya Allah akan musnah dengan memahami dan mengamalkan semangat empat pilar kebangsaan ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, Empat Pilar Kebangsaan merupakan pondasi Bangsa Indonesia. Semua elemen bangsa memiliki kewajiban untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

“Semua elemen bangsa harus mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Termasuk saya sebagai bupati dengan goal menuju terciptanya masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan diikuti oleh Anggota Paskibra dan Purna Paskibra Kabupaten Wonogiri, Perwakilan GTT PTT tiap kecamatan di Kabupaten Wonogiri, Karangtaruna, Barisan Masyarakat Wonogiri dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Wonogiri.

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here