Home Kesehatan DBD Kembali Serang Warga Karanganyar

DBD Kembali Serang Warga Karanganyar

737
Wilayah Dimoro yang terserang DBD.

Karanganyar, 16/7 (BeritaJateng.net) – Penyakit demam berdarah dengue (DBD) kembali menyerang sembilan warga di Dusun Dimoro, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Karanganyar Kota. Delapan diantara penderita DBD adalah anak-anak dan satu orang dewasa.

Bahkan ada beberapa pasien yang saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit. Diantaranya adalah Tegar (2), dirawat di RSUD Karanganyar, Rengga (15), di rawat di rumah sakit Jatihusada, serta Nyonya Hartono di rawat di rumah sakit DR Oen Solo.

Informasi dilapangan menyebutkan DBD mulai menyerang sebelum Idul Fitri. Dan warga Dimoro juga sudah melaporkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar untuk melakukan penyemprotan.

Ditemui dikantornya Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Karanganyar, Fatkul Munir, membenarkan laporan warga Dimoro, Karanganyar ada penyebaran virus DBD.

“Kemarin (Jumat, 15/7/2016) sudah dilakukan fogging. Namun itu hanya tindakan sementara saja. Yang terpenting kita harus mengedukasi masyarakat dengan pola hidup bersih,” jelasnya Sabtu di Karanganyar (16/7/2016).

Masyarakat harus membiasakan diri untuk membersihkan lingkungan sekitar. Agar terbebas dari perkembangan nyamuk penyebab DBD.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar mencatat ada lima wilayah yang masuk dalam penyebaran demam berdarah dengue (DBD). Diantaranya Colomadu, Jaten, Gondangrejo, Kebakkramat, dan Karanganyar.

“Langkah pencegahan yang paling baik adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Diantaranya mengubur kaleng bekas, menguras bak mandi, dan menutup tempat-tempat penampungan air. Tujuannya supaya air tidak menjadi media berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti,” pesan Fatkul Munir. (Bj24)

Advertisements