Home Lintas Jateng Danlanal : Seleksi Tamtama Dilakukan Sesuai Prosedur dan Profesional

Danlanal : Seleksi Tamtama Dilakukan Sesuai Prosedur dan Profesional

1013

Semarang, 4/1 (BeritaJateng.net) – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Dan Lanal) Semarang, Kolonel Laut (P) Elka Setyawan, siang tadi memberikan arahan di depan ratusan calon pendaftar Tamtama PK TNI AL di halaman Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang, Jalan RE Martadinata, Senin (4/1).

Secara tegas, DanLanal Semarang menyampaikan kepada calon pendaftar Tamtama PK TNI AL, bahwa pihaknya akan melakukan proses seleksi ini secara profesional, dan tanpa ada unsur suap menyuap.

“Pertama, siapkan mental, fisik, dan batin untuk menjalani proses seleksi, dan yang kedua Lanal Semarang tidak menerima uang sepeser pun. Saya tidak mau mendengar atau melihat kalian mencoba-coba untuk menyuap kami,” tegasnya.

Elka juga tidak segan-segan akan memproses anggota atau timnya yang kedapatan menerima uang dari orang tua atau keluarga pendaftar.

“Kalau ketahuan saya, dua-duanya saya proses, termasuk tim yang menyeleksi. Penerimaan kali ini tidak ada yang menggunakan uang, tidak ada yang menyogok. Angkatan Laut memerlukan seseorang yang betul-betul terpilih,” ujarnya.

Menurutnya, ia berujar bahwa apapun hasilnya calon pendaftar diminta menerima secara lapang dada, tanpa memberikan komentar-komentar yang negatif terkait proses rekrutmen Tamtama ini.

“Di tingkat pusat pun sama, jadi saya tidak mau dengar ada diantara kalian yang gagal kemudian berbicara ke orang tua kalau ada yang tidak fair,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Elka juga memberikan instruksi kepada jajarannya untuk tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun yang dapat mengubah hasil dari pada proses penerimaan calon prajurit.

“Sudah saya instruksikan kepada tim untuk tidak ada yang menerima uang. Kalau ada hanya untuk bayar map, dan sebagainya itu wajar. Pendaftaran ini sudah ada anggarannya sendiri. Sekali lagi kita perlu orang-orang yang serius lahir dan batin,” kata Elka.

Di akhir arahannya, Elka memastikan bahwa di tubuh TNI AL tidak ada istilah diskriminasi.

“TNI Angkatan Laut tidak membeda-bedakan, mau kaya atau miskin, semuanya sama,” pungkasnya. (Bjt02)

1 COMMENT

Comments are closed.