Home Hukum dan Kriminal Curi Motor, Bocah Dihajar Massa

Curi Motor, Bocah Dihajar Massa

image

Jepara- 27/03(Beritajateng.net)- Seorang bocah warga Desa Kaliaman Kecamatan Kembang  berinisial AN ( 14) dihajar massa karena mencuri satu unit sepeda motor Honda Prima milik tetangga. Aksi pencurian berlangsung pada Senin (23/3) lalu sekitar pukul 14.00. Pelaku mengintai sepeda motor di rumah korban Hariyono, yang berlokasi di RT 3/ RW 3 desa setempat. 

Kapolsek Kembang Akp Sriyono menyatakan, pelaku beraksi saat korban sedang pergi ke sawah. “Mengetahui pemilik tak ada di rumah, pelaku membawa kabur sepeda motor korban,” kata Sriyono.

Sriyono menuturkan, tertangkapnya AN bermula dari tetangga korban yang mengetahui pelaku sedang menambal ban sepeda motor yang bocor. Oleh tetangga korban pelaku dibawa ke kantor Desa Kaliyaman. Karena kesal dengan pelaku warga melakukan aksi main hakim sendiri. 

“Mungkin karena kesal warga langung menghajar pelaku di Balai Desa Kaliaman. Beruntung anggota kami segera meluncur ke lokasi sehingga pelaku bisa kami amankan,” tutur Sriyono. 

“Bisa dibilang AN merupakan anak brokenhome, karena tidak mendapat perhaatian dari orang tua. Sehari-hari pelaku tinggal di terminal,” jelas Sriyono. 

Kepada polisi pelaku AN mengaku aksi pencurian ini dilakukan untuk kali kedua. Sebelumnya, pelaku sempat mencuri telepon genggam milik tetangga. Namun kasus pencurian tersebut berakhir damai, karena korban mencabut laoporannya. “Sebelumnya saya pernah mencuri handphone milik tetangga juga,” kata AN. 

Selama ini An dikenal sebagai anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua. Nenek pelaku yang mengasuh sejak kecil telah meninggal dunia. Sedangkan ibu dan ayah pelaku telah lama meninggalkannya.

Selanjutnya, pelaku akan diserahkan ke unit perlinduangn perempuan dan anak Polres Jepara, karena usiaanya yang masih di bawah umur. Pelaku terancam pasal 362 KUHP tentang pencurian. “Sidang bakal dilakukan secara tertutup dan setelahnya dikembalikan ke orang tua. Bila orang tua tidak mau akan serahkan kedinas sosial,” kata Sriyono.(BJ18)