Home Hukum dan Kriminal Curi Emas Majikan PRT ini Dibekuk Polisi

Curi Emas Majikan PRT ini Dibekuk Polisi

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono meminta keterangan dua orang tersangka pencurian emas. (Foto/BJ15)

Semarang, 30/12 (Beritajateng.net)- Arifin (30) warga Dukuh Mendak Kelurahan Kanigoro Kecamatan Sabtosari Kabupaten Gunungkidul diamankan aparat Polrestabes Semarang karena terbukti melakukan pencurian emas milik majikannya.

Kejadian pencurian tersebut terjadi di rumah Nurita (49) Warga Gajahmungkur Semarang yang tak lain adalah majikan dari Arifin pada 5 juli 2014.

Selain tersangka polisi juga mengamankan rekan tersangka bernama Y. Purwanto (37) warga Wonosari Gunungkidul.

Arifin yang sudah 11 tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah korban sejak 2013 nekad melakukan aksi pencurian setelah mengetahui ada brankas di kamar korban.

Untuk melakukan aksinya, tersangka Arifin masuk ke kamar korban dan membuka lemari yang tidak terkunci kemudian mengambil kunci brankas yang berada di bawah tumpukan pakaian. Arifin yang mendapatkan kunci brankas kemudian membuka dan mengambil 2 keping lantakan emas 24 karat masing-masing memiliki berat 100 gram.

“Saya masuk kedalam kamar kemudian membuka lemari ternyata ada kunci brankas. Brankas saya buka, saya ambil emas dua keping” ungkap Arifin.

Usai mendapatkan dua keping emas, Arifin minta tolong Y. Purwanto  untuk di gadaikan. Emas dengan berat total 200 gram oleh Y purwanto di gadaikan di pegadaian Depok senilai 81,5 juta.

“Saya dirayu terus Arifin untuk mengadaikan emas untuk mendapatkan uang” ungkap Y Purwanto yng mendapatkan upah sebesar 3 juta rupiah dari mengadaikan emas hasil kejahatan Arifin.

Oleh Arifin uang hasil gadaikan emas curian digunakan untuk membuka usaha mebel di kampong halamannya. “uangnya saya gunakan untuk buka usaha mebel di rumah dan membeli peralatan kayu,” ucap arifin.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti 2 keping lantakan emas 24 karat maring-masing 100 gram, 160 lempeng kayu jati tonggak, uang sisa gadaian emas sebesar Rp 1 juta, 1 lembar resi pegadaian, alat pemotong kayu dan kompresor.

“Kedua nya merupakan tersangka pencurian emas, satu yang melakukan aksi pencurian sementara satu nya yang disuruh untuk mengadaikan emas hasil curian tersangka Arifin” ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono.

Atas perbuatannya kedua tersangka dijerat pasal berbeda, tersangka Arifin dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan acaman hukuman maksimal 7 tahun penjara sementara tersangka Y Purwanto dijerat pasal 480 dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. ( BJ15/Bj04)