Home Lintas Jateng Creativepreneur Fest 2016, Pemkot Serius Wadahi Kreativitas Anak Muda

Creativepreneur Fest 2016, Pemkot Serius Wadahi Kreativitas Anak Muda

Creativepreneur Fest 2016, Pemkot Serius Wadahi Kreativitas Anak Muda

Semarang, 9/11 (BeritaJatrng.net) – Memulai langkah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sejak tahun 2013, Kota Semarang semakin memantabkan diri sebagai Smart City. Hal ini disampaikan Walikota Hendrar Prihadi dalam paparannya usai membuka Creativepreneur Fest 2016 dan launching Semarang Digital Kreatif di Semarang Town Square (Setos) Semarang.

Sejumlah pelayanan berbasis digital telah banyak diaplikasikan Pemkot Semarang untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat. Diantaranya pelayanan penerimaan siswa online, perijinan online, pemantauan jalan online (ATCS online), smart street lighting untuk efektivitas penghematan listrik PJU, e-parking, BRT tracking, penyediaan 2.300 titik wifi gratis di 23 ruang publik dan berbagai pemanfaatan TIK lainnya.

“Semua itu merupakan wujud keseriusan komitmen Pemkot Semarang sebagai fasilitator dalam menyediakan Kebutuhan Digital Kota,” ungkap Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Kedepan, Pemkot akan terus menguatkan komitmen dalam digitalisasi kota sebagai tahap pertama smart city Kota Semarang. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan Creativepreneur Fest 2016 yang diikuti kurang lebih 150 anak muda kreatif dan inovatif dalam bidang IT.

Hendi–sapaan akrab Hendrar Prihadi berharap para pemuda ini dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan media yang telah disediakan pemerintah. Dukungan akan terus diberikan dalam menunjang semua anak muda kreatif dan inovatif. Kreativitas dan inovasi menjadi 2 kata kunci yang diperlukan dalam menghadapi persaingan global. Tak hanya itu pemanfaatan bidang IT diperlukan sebagai pendukung dunia yang semakin digital.

Sementara, menggandeng PT. Telkom Tbk Pemkot melauching gedung khusus komunitas digital bertajuk Semarang Digital Kreatif (SDK). SDK akan menjadi ruang seluruh komuintas berbasis digital dalam mengembangkan kreativitas dan inovasinya. Dalam Semarang Digital Kreatif Pemkot Semarang mengundang seluruh komunitas digital Semarang baik animasi, drone, art, photo, video, animasi, blogger, painting, marketing dan sebagainya untuk bergabung dan mendaftar tanpa dipungut biaya. Harapannya komunitas ini dapat ikut memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kota Semarang melalui potensi yang dimiliki.

Kegiatan Creativepreneur Fest 2016 ini juga didukung Kadin Jateng, PT. Telkom, dan Udinus. Festival juga diisi dengan seminar yang mendatangkan para pakar IT, enterprenuer handal. Acara dan penjurian ide kreatif bisnis digital diselenggarakan selama 2 hari hingga Rabu (9/11). (Bj)