Home News Update Creanovation Award Udinus Sukses Digelar, Nih Daftar Pemenangnya

Creanovation Award Udinus Sukses Digelar, Nih Daftar Pemenangnya

SEMARANG, 15/5 (BeritaJateng.net) – Sukses dengan Creanovation Awards 2015, tahun ini Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali mengadakan ajang serupa. Seperti diketahui, Creanovation Awards merupakan lomba kreativitas dan inovasi tingkat nasional untuk siswa SMA se-derajat.

Dalam pelaksanaannya, peserta diharuskan menciptakan produk atau metode inovatif yang dituangkan dalam bentuk ide, gagasan, model, fo rmulasi, produk, dan purwarupa. Acara yang digelar pada 14 Mei 2016 kemarin ini merupakan Grand Final di Aula Gedung E Udinus.

Tak jauh berbeda dengan gelaran sebelumnya, kali ini lomba yang bertujuan unuk mendorong kreativitas dan inovasi generasi muda ini dibagi menjadi lima kategori, yakni Produk Olahan Makanan, Perkakas/Alat Bantu, Game dan Penalaran, Green Technology, dan kategori lain selain dari empat kategori tersebut.

Sebanyak 150 peserta telah berpartisipasi dalam ajang ini. Namun dari jumlah tersebut panitia kemudian mengambil 140 peserta yang lolos dari seleksi administrasi.

Selanjutnya setelah dilakukan penjurian awal diambil 30 tim terbaik yang berhak lolos ke babak final. Aroma kompetitif sangat terasa dalam lomba yang untuk ketiga kalinya digelar ini, hal tersebut dibuktikan dari tim yang lolos ke final tidak hanya berasal dari Jawa Tengah. Selain dari Jawa Timur seperti Banyuwangi dan Surabaya, mereka juga ada yang berasal dari Palembang dan Bulukumba.

“Peserta yang lolos ada 30 tim, mereka tidak hanya dari Jawa. Ada yang dari Palembang dan Sulawesi itu Bulukumba,” tutur Tita Talitha, S.T., M.T., selaku ketua panitia.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata dari Fakultas Teknik Udinus di bidang pendidikan terhadap peningkatan kreativitas dan inovasi dari generasi muda. Tita mengaku sangat bangga karena moment ini dapat meningkatkan peran generasi muda baik pada di dunia pendidikan maupun industri.

“Kami berharap dari kegiatan ini peran pemuda pada pendidikan dan industri dapat terus meningkat,” imbuhnya.

Berikut hasil selengkapnya kompetisi tersebut:

Juara 1 SMA Insan Cendekia Al Kausar, Sukabumi.

Juara 2 SMA Negeri 1 Lamongan.

Juara 3 SMAN 8 Bulukumba.

Juara harapan  SMAN Wringinanom Gresik.

Juara best poster  dari SMK negeri Depok.

Juara Most Liked Video dari SMKN 1 Bulukumba.

Juara Audience Choice Presentation dari SMKN 1 Cerme Gresik. (Bj05)