Home Headline Ciptakan Iklim Kondusif, Pimpinan Parpol di Jateng Bentuk Forum Silaturahmi

Ciptakan Iklim Kondusif, Pimpinan Parpol di Jateng Bentuk Forum Silaturahmi

Semarang, 9/10 (BeritaJateng.net) – Bermaksud meningkatkan kondusifitas wilayah, pimpinan partai politik di Jawa Tengah membentuk forum silaturahmi pimpinan partai. Pembentukan forum ini diinisiasi oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto. Sebanyak 9 pimpinan partai hadir dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Gumaya, Jumat (7/10).

Saat dihubungi Berita Jateng.net, Bambang Wuryanto mengungkapkan, secara konstitusi, demokrasi Indonesia diamanatkan kepada partai politik. Oleh karena itu, parpol harus berperan aktif, sebab seluruh pejabat publik yang ada di negeri ini lahir dari parpol. “Makanya kalau parpol tidak pernah mengupgrade dirinya, lalu melakukan perebutan kekuasaan terus menerus, ya tidak bagus,” ungkapnya.

Lebih lanjut politisi yang akrab disapa Bambang Pacul ini menjelaskan, pelaksanaan pemilihan kepala daerah selalu menghabiskan dana yang jumlahnya sangat besar terutama bagi calon yang maju. Hal ini bisa berimbas pada calon yang bersangkutan kalau jadi kepala daerah bisa melakukan korupsi guna mengembalikan modal yang dia keluarkan.

“Kalau nanti melalui forum seperti ini bisa disepakati sebuah formula dalam menentukan calon kepala daerah sesuai perolehan suara partai maka jor joran modal untuk memenangkan pilkada bisa dihindari,” katanya.

Bambang Pacul menganalogikan, daerah daerah yang dimenangkan PDI Perjuangan, bisa disepakati kepala daerahnya dari PDI Perjuangan, sementara daerah yang dimenangkan partai lain, kepala daerahnya jatah dari partai yang menjadi pemenang tersebut.

“Misalnya Rembang, disana PPP yang menang, ya silakan itu jatah PPP,” bebernya.

Selain masalah pilkada, lanjut Bambang, melalui pertemuan pertemuan pimpinan partai, berbagai masalah yang terjadi di Jawa Tengah bisa cepat direspon dan segera dicari solusinya agar tidak lebih keruh dan bisa diciptakan iklim kondusif menuju masyarakat Jawa Tengah yang lebih sejahtera.

Menurut Bambang, pertemuan yang dilakukan itu baru pertama kali dilakukan, rencananya akan dilanjutkan pada tiga bulan kedepan. “Pertemuan ini merupakan konspirasi baik, guna menggalang persatuan, sehingga partai politik bisa benar-benar menjadi etalase politik,” katanya.

Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori mengaku, mengapresiasi pertemuan para pimpinan parpol tersebut, karena sudah seharusnya parpol di Jateng selalu silaturahmi dan mensinergikan banyak hal. “Harapannya agar pertemuan ini bisa terus menerus demi Jawa Tengah,” kata dia.

Pertemuan itu, lanjut dia, bisa memecah kebuntuan komunikasi politik yang terjadi pada Pilkada di beberapa daerah. Menurut dia, politik di daerah banyak dinamikanya. “Ini bisa ketemu dan cair,” kata pria yang akrab disapa Gus Yusuf ini.

Senada dengan Gus Yusuf, Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masruhan Samsurie mengatakan, meskipun di DPRD sudah ada forum antar fraksi, namun forum antar partai di luar legislatif perlu dilakukan, karena untuk menjalin komunikasi demi mewujudkan persatuan dan kesejahteraan bersama.

“Kalau komunikasi bisa berjalan seperti ini, tidak akan terjadi masalah yang berat. Semua masalah bisa dikomunikasikan. Saya juga sampaikan kalau soal dukungan Ganjar Pranowo dalam Pilgub mendatang yang disampaikan oleh salah satu pengurus itu belum resmi, tapi karena terlanjur muncul di media ya sudah kalau PPP dianggap bermanuver hahaha ,” kata dia.

Pertemuan tahap pertama tersebut dihadiri oleh pimpinan parpol dari PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PAN, PKB, Partai Nasdem, PPP, dan PKPI.

(BJ13)