Home News Update Ciptakan Generasi Sehat Dengan Mengkonsumsi Beras Yang Sehat

Ciptakan Generasi Sehat Dengan Mengkonsumsi Beras Yang Sehat

BANYUMAS, 2/03 (Beritajateng.net) – Kebiasaan petani dalam menggunakan pupuk kimia dalam penanaman padi disinyalir berpengaruh terhadap kesehatan manusia yang mengkonsumsi hasil produksinya.

Mencermati kondisi tersebut Anggota DPRD Jateng Asfirla Harisanto mengharapkan kepada petani untuk mulai beralih menggunakan pupuk organik agar beras yang dikonsumsinya lebih sehat.

“Dengan mengkonsumsi beras sehat anak cucu kita juga akan tumbuh lebih sehat lagi,” ungkapnya saat melaksanakan reses di Desa Cindaka Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.

Asfirla yang biasa disapa Bogi ini mengakui sulit untuk sepenuhnya mengubah kebiasaan yang sudah lama dilaksanakan petani dalam menggunakan pupuk kimia. Namun demikian pelan pelan tetap harus diedukasi agar berubah ke pupuk organik.

“Saat ini kita kombinasikan aja dulu dengan pupuk kimia yang biasa mereka pakai. Nanti lama kelamaan bisa sepenuhnya menggunakan organik,” katanya.

Selain soal beras sehat, pada kesempatan reses kali ini Bogi menekankan perhatiannya pada peningkatan produktifitas hasil pertanian khususnya padi guna meningkatkan taraf hidup petani.

Untuk meningkatkan produktifitas tersebut, Bogi bersama tim konsultan pertanian sudah melakukan penelitian yang hasilnya bisa digunakan untuk mendongkrak hasil padi dari 4-6 ton per hektar menjadi 8-10 ton.

“Tidak hanya itu, sistem tanam ini dipandu dengan penggunaan pupuk organik bahkan bisa menjadikan hasil padi sebanyak 15 ton per hektar,” pungkasnya.

(NK)