Home News Update Chelsea Kembali Kuasai Puncak Klasmen Liga Inggria

Chelsea Kembali Kuasai Puncak Klasmen Liga Inggria

image
Ilustrasi

London, 11/1 (Beritajateng.net) – Chelsea kembali menguasai puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah mereka mengalahkan Newcastle United dengan skor 2-0 pada Sabtu, dan Manchester City bermain imbang 1-1 di markas Everton.

Chelsea memulai hari dengan koleksi angka yang sama dengan milik City, namun dengan sang juara bertahan kehilangan angka-angka untuk kedua kalinya dalam sepuluh pertandingan, pasukan Jose Mourinho kini unggul dua angka bersih.

Newcastle menang 2-1 atas Chelsea pada pertandingan sebelumnya dan meski masih belum memiliki pelatih menyusul kepergian Alan Pardew, mereka terlihat mampu mengulang hasil serupa pada babak pertama di Stamford Bridge.

Petr Cech mengawal gawang Chelsea karena cedera jari yang mendera Thibaut Courtois, dan ia mampu menggagalkan ancaman dari Remy Cabella dan Yoan Gouffran, sedangkan tembakan keras Moussa Sissoko membentur tiang gawang.

Chelsea kehilangan Cesar Azpilicueta yang kelihatannya mengalami cedera pangkal paha pada menit ke-37, namun mereka mampu unggul tujuh menit kemudian ketika Oscar menyambar umpan silang Branislav Ivanovic setelah Willian melepaskan tendangan sudut cepat.

Pasukan Mourinho jauh dari kemampuan terbaiknya, namun mereka mampu menambahi gol kedua pada menit ke-60, di mana Diego Costa mendapat operan tumit dari Oscar dan melesakkan gol ke-15nya pada musim ini.

“Anda selalu ingin bermain bagus, namun itu tidak selalu positif,” kata asisten pelatih Chelsea Steve Holland.

“Penting bahwa ketika Anda tidak bermain sebagus yang akan Anda sukai, Anda masih tetap mendapatkan hasil.” Di Goodison Park, Everton menikmati permainan terbaiknya pada babak pertama saat melawan City, di mana upaya Seamus Coleman membentur mistar gawang.

City kemudian unggul pada menit ke-74 ketika Fernandinho terbantu oleh tembakan David Silva yang berubah arah untuk diteruskan dengan sundulan kepalanya, namun Steven Naismith menyamakan kedudukan empat menit kemudian, meneruskan tendangan bebas dari Leighton Baines.

“Pada babak pertama kami memiliki peluang-peluang bersih,” kata pelatih City Manuel Pellegrini, yang menyambut hangat kembalinya Sergio Aguero dari cedera.

“Pada babak kedua Everton berkembang dan memiliki kesempatan untuk meraih hasil imbang dan melakukannya. Jika Anda berkata pada awalnya bahwa Anda akan bermain imbang di kandang Everton, mungkin itu tidak terlalu buruk.” Totteham Hotspur menyia-nyiakan peluang untuk masuk empat besar setelah kalah 1-2 dari Crystal Palace yang dilatih Alan Pardew, yang kini meninggalkan zona degradasi.

Sepakan mendatar Harry Kane membawa Tottenham memimpin pada menit ke-49, namun Dwight Gayle menyamakan kedudukan dari titik penalti sebelum Jason Puncheon mencetak gol kemenangan pada menit ke-80.

Penghargaan bendera dari Gomis Ini merupakan kekalahan pertama Spurs dari tujuh pertandingan dan membuat pasukan Mauricio Pochettino menghuni peringkat kelima, tertinggal dua angka dari Southampton, yang akan mengunjungi markas tim peringkat ketiga Manchester United pada Minggu.

Pemain sayap Serbia Lazar Markovic mencetak gol liga perdananya ketika Liverpool mendekat empat angka dengan posisi empat besar berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah Sunderland, yang harus kehilangan Liam Bridcutt akibat menerima dua kartu kuning.

“Kepercayaan diri kami telah kembali,” kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers kepada BT Sport. “Ini merupakan tim yang semakin baik dan membaik seiring berjalannya waktu. Ini merupakan grup muda, namun mereka berkembang dengan sangat baik.” West Ham membuang peluang untuk naik ke peringkat kelima setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Swansea City.

Andy Carroll membawa West Ham unggul pada menit ke-43 melalui upaya bagusnya, menguasai bola tinggi dengan dada dan kemudian menari di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan kaki kiri ke sudut gawang dari jarak 14 meter.

Tetapi Swansea mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-74 ketika tandukan dari penyerang asal Prancis Bafetimbi Gomis membentur tiang gawang, mengenai gelandang West Ham Mark Noble dan memantul masuk gawang untuk menjadi gol bunuh diri.

Gomis merayakan gol itu dengan mengibarkan bendera Prancis untuk menghormati korban pembantaian teroris di Paris pekan ini.

Burnley meninggalkan zona degradasi dan menggeser Queens Park Rangers ke posisi tiga terbawah, melalui kemenangan 2-1 atas pasukan Harry Redknapp.

Gol pembuka Scot Arfield dibatalkan oleh penalti dari mantan Burnley Charlie Austin, namun Danny Ings membuat tuan rumah meraih kemenangan pada menit ke-37 dengan menggulirkan bola melewati Rob Green setelah menguasai bola dengan baik.

Klub juru kunci Leicester City mendekat tiga angka dengan zona aman berkat kemenangan 1-0 atas Aston Villa, di mana Paul Konchesky mencetak satu-satunya gol pada masa perpanjangan waktu.

Pemain Leicester Matty James dan Ciaran Clark asal Villa diusir keluar lapangan pada masa tambahan waktu setelah bersitegang di tengah lapangan.

Pada pertandingan pertamanya sebagai pelatih, Tony Pulis melihat West Bromwich Albion naik ke peringkat ke -14 setelah gol Saido Berahino pada menit ke-78 mengamankan kemenangan 1-0 atas tamunya Hull City, yang turun ke zona degradasi.(ant/Bj02)