Home Headline CFN Sumbang 1100 Buku Untuk SD di Godong

CFN Sumbang 1100 Buku Untuk SD di Godong

image

Semarang, 13/4 (BeritaJateng.net)-Cargill feed Nutrition (CFN) salah satu perusahaan global yang bergerak di bidang penyedia jasa dan produk pangan dan pertanian menggelar Corporate Social Responbility (CSR) sebagai wujud kepeduliannya pada pendidikan dengan menyumbang lebih dari 1.100 unit buku kepada SDN Godong Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Location Manager Cargill Feed & Nutrition (CFN), Sugeng Boniranmengatakan, program sumbangan buku ini merupakan bentuk upaya CFN untuk terus meningkatkan budaya membaca untuk menambah ilmu pengetahuan di kalangan anak-anak sekolah dasar.

Upaya yang dilakukan CFN, lanjutnya, berupa penyediakan buku bacaan yang menarik sekaligus edukatif di perpustakaan sekolah. Jenis buku yang disumbangkan antara lain adalah buku-buku cerita rakyat, buku ilmu pengetahuan alam dan sosial, pengetahuan umum, buku cerita keagamaan, buku bertema adat istiadat suku-suku bangsa di Indonesia serta buku pengetahuan tentang flora dan fauna Indonesia.

“Maraknya penggunaan gadget di kalangan anak-anak sekolah membuat banyak dari mereka lebih senang bermain games atau mengakses situs media sosial ketimbang membaca buku, sehingga menurunkan minat baca siswa,” ujarnya.

Padahal, tambah Sugeng, turunnya minat baca di kalangan generasi muda dapat menghambat pengembangan pengetahuan dan wawasan yang merupakan modal penting bagi masa depan dan regenerasi pemimpin bangsa kelak.

Menurut Sugeng, hadirnya buku-buku edukatif yang menarik di perpustakaan sekolah, yang juga dapat dipinjam untuk bahan bacaan di rumah, yang disumbang CFN melalui Books For Kids Program diharapkan juga menguatkan kembali minat membaca buku. 

“Cargill sebagai bagian dari masyarakat Indonesia memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat di sekitar lokasi operasional Cargill.  Salah satu program CSR kami di bidang pendidikan adalah Book For Kids,” ungkapnya.

Minat membaca yang terbangun di usia dini diharapkan akan menjadi fondasi kuat yang akan menyokong generasi muda Indonesia agar belajar giat secara mandiri di fase pendidikan berikutnya dan ketika mereka membangun karir di dunia kerja.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Godong, CH Endang Warsiti menjelaskan bahwa sumbangan buku-buku edukatif untuk mempermudah sekaligus untuk mengajak murid-murid untuk menumbuhkan kebiasaan membaca baik di sekolah maupun rumah.

“Buku-buku edukatif tersebut benar-benar membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak dan tidak sekadar pengisi ruang kosong di perpustakaan sekolah,” ujar Endang yang juga pembimbing 237 orang siswa tersebut.

Program Books For Kids merupakan program berkesinambungan yang dicanangkan oleh CFN sejak tahun 2011.  Selama periode tahun 2011-2020, ada dua target utama yang ingin dicapai, yakni pertama menargetkan membangun/memperbaiki 100 perpustakaan di sekolah-sekolah dasar yang berlokasi dekat dengan ketujuh pabrik CFN, sekaligus mendonasikan 100.000 buku bacaan kepada perpustakaan sekolah-sekolah tersebut.

Pencapaian program Books For Kids hingga saat ini sebanyak 40 perpustakaan di 40 SD telah diperbaiki dan lebih dari 33.031 buah buku telah diserahkan. (Bj05)