Home Headline Candi Sukuh akan Direnovasi

Candi Sukuh akan Direnovasi

image

Karanganyar,7/5 (Beritajateng.net) – Berada di lereng gunung Lawu, tepatnya di wilayah Ngargoyoso Kabupaten Karangangar candi eksotik peninggalan nenek moyang, yakni Candi Sukuh siap di untuk di renovasi. 

Pasalnya di bawah lokasi bangunan utama candi, ditemukan rongga dan terjadi terjadi penggelembungan juga mengalami ambles sedalam lima centimeter yang bisa mengancam keberadaan candi Sukuh. 

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Sri Ediningsih menjelaskan telah melakukan langkah untuk melakukan renovasi yang akan dimulai pada 20 April 2015 besok.

“Ditemukan rongga pada bawah bangunan utama candi, yang disebabkan struktur tanahnya mengalami penurunan,” jelasnya Selasa (7/4/2015). 

Sri Edingsih juga menjelaskan karena bangunan candi ini dibawahnya berupa pasir yang tertutup tanah namun di khawatirkan akibat ambles bisa memicu terjadinya  keretakan  bangunan candi. Sebab itulah meski amblesnya hanya 5 centimeter, tetapi ditemukan rongga, bisa menbahayakan kondisi candi 

Selama pemugaran, yang diperkirakan memakan waktu  8-9, ungkap Sri Ediningsih, wisata candi Sukuh tetap di buka seperti biasa. Bahkan dengan direnovasinya candi diharapkan bisa mengedukasi pengunjung dan melihat lebih kelas proses renovasinya juga perawatan terhadap peninggalan purbakala 

“Selama proses renovasi, pengunjung masih bisa ke Candi Sukuh. Candi tidak ditutup total. Sekaligus sekaligus kami gunakan untuk pembelajaran kepada masyarakat umum. Bagaimana bangunan Candi itu kami jaga dan rawat,” lanjutnya. 

Sedangkan biaya renovasi candi Sri Ediningsih mengaku mebutuhkan dana sekitar  Rp 232 Juta yang berasal dari Kementerian Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sri juga menerangkan  untuk menyelamatkan candi Sukuh dari bahaya longsor karena lokasinya berada di lereng Lawu yang rawan terjadi longsor, pihak BPCB akan membangun talud yang berfungsi membentengi candi dari bahaya longsor terutama saat musim hujan. Namun secara bertahap.

“BPCB akan membuat talud disekitar bangunan candi untuk  mencegah terjadinya longsor yang mengancam bangunan candi dibawahnya,” pungkasnya. (BJ24)