Home Headline Calo Seleksi Masuk Polri Bergentayangan

Calo Seleksi Masuk Polri Bergentayangan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, 20/2 (BeritaJateng.net) – Beberapa masyarakat mengeluhkan masih banyaknya calo yang menawarkan kemudahan dalam melakukan seleksi masuk Polri kepada para pendaftar institusi tersebut.

“Masih ada beberapa orang yang mengaku bisa membantu mempermudah proses seleksi masuk Polri,” kata Ragil salah satu mahasiswa dari universitas swasta di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, ia pernah mendengar informasi tersebut dari temannya, bahwa untuk bisa menjadi anggota polisi harus menyediakan setidaknya Rp200 juta untuk biaya kemudahan administrasi.

“Teman saya pernah ikut seleksi tapi gagal karena tidak mampu membayar sejumlah uang yang diminta,” katanya.

Senada dengan Ragil, salah satu karyawan swasta yang tidak mau disebutkan namanya di Jakarta mengaku pernah ikut seleksi dan ditawari sejumlah calo.

“Saya pernah ikut seleksi Perwira Karir tahun lalu, setelah beberapa hari ujian, saya mendapat telepon dari orang yang mengaku panitia seleksi,” katanya.

Kemudian dalam pembicaraan tersebut ia diminta membayar sejumlah uang untuk administrasi.

“Saya tidak yakin, tapi data diri saya persis sama yang dikatakan orang dalam telepon itu, datanya seperti yang saya masukan dalam pendaftaran ‘on line’ (daring),” ujarnya.

Namun akhirnya ia tidak mengirim karena memang tidak ada biaya, akhirnya ia benar tidak lolos tahap selanjutnya.

Andi warga Jakarta mengaku sudah tidak minat menjadi aparat penegak hukum.

“Tidak tertarik lagi mas, banyak korupsi dan nepotismenya, lagian saya tidak punya kenalan orang dalam,” katanya.

Keluhan tersebut terkait informasi, Kepolisian Republik Indonesia kembali membuka pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) untuk 2015 bagi seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi kriteria.

Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono, Kamis (19/2) mengatakan, penerimaan SIPSS Tahun 2015 berdasarkan Keputusan Nomor ST : 359/ II/2015 tanggal 17 Februari 2015, KEP/998/ XII/2014 tanggal 16 Desember 2014 tentang Prodik Polri TA 2015 dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/131/II/2015 tanggal 13 Februari 2015 tentang RIM SIPSS TA 2015.

Syarat umum untuk bisa mengikuti SIPSS TA 2015, kata dia, diantaranya warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Informasi penerimaan dan pendaftaran melalui situs resm www.penerimaan.polri.go.id. (ant/BJ)