Home Headline Cabuli Anak Keterbelakangan Mental, Kakek 52 Tahun Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Cabuli Anak Keterbelakangan Mental, Kakek 52 Tahun Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Terdakwa Sudarno (kanan) menunggu sidang di Pengadilan Negeri Semarang. 

SEMARANG, 22/12 (BeritaJateng.net) – Akibat ulahnya mencabuli anak dibawah umur yang mengalami keterbelakangan mental, Sudarno (52) alias Sebeh yang disidang di Pengadilan Negeri Semarang terancam hukuman maksimal 15 tahun. Dalam sidang di PN Semarang, jaksa Kejari Semarang Nur Indah mendakwa Sudarno dengan pasal 76e juncto pasal 82 Undang-Undang (UU) Nomor 35/ 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23/ 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Terdakwa ini dikenakan dakwaan sebagaimana Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun,” ungkap jaksa Nur Indah.

Dalam dakwaannya, Sudarno melakukan pencabulan itu empat kali saat rumah korban di Purwosari, Kecamatan Mijen kondisinya sepi. Perbuatan itu dilakukan tahun ini, salah satunya pada 10 Agustus 2016. Terdakwa sendiri merupakan tetangga korban. Orang tua korban saat pencabulan sedang bekerja.

Mulanya, perbuatan terdakwa itu tidak diketahui tetangganya. Belakangan, tetangga yang merasa curiga mengetahuinya, lalu langsung melaporkan ke saudara korban. Atas perlakuan terdakwa, pihak keluarga lalu melaporkan Sudarno ke Polsek Mijen.

“Korban itu diajak berhubungan, kemudian diberi uang Rp 10 ribu,” ungkapnya.

Dalam persidangan, terdakwa didampingi kuasa hukumnya, Putro S dan WA Susanto. Hakim Retno selanjutnya menunda sidang dengan agenda pemeriksaan saksi.

Dihadapan petugas kepolisian, Sudarno mengakui nekat melakukan pencabulan karena sudah 30 tahun ditinggal isterinya yang kabur bersama laki-laki lain. (WR/EL)

Advertisements