Home Nasional Butuh 6 Bulan untuk Ungkap Sebab Tergelincirnya Pesawat Wing Air

Butuh 6 Bulan untuk Ungkap Sebab Tergelincirnya Pesawat Wing Air

Preskonferen terkait tergelincirnya pesawat Wing Air jenis ATR 72-600 di Bandara Internasional A. Yani Semarang

Semarang, 26/12(BeritaJateng.net) – Setidaknya butuh enam bulan untuk memastikan penyebab tergelincirnya pesawat Wing Air jenis ATR 72-600 di Bandara Internasional A. Yani Semarang. Hal ini disampaikan oleh Ketua sub Komite Investigasi Penerbangan KNKT, Nur Cahyo Utomo dalam preskonferen, Senin (26/12).

Menurutnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah mengumpulkan data-data untuk mengetahui penyebab terjadinya insiden tergelincirnya pesawat Wing Air ATR 72-600. Pengumpulan data-data tersebut diantaranya yakni Air Navigasi, Keadaan pesawat sebelum penerbangan, voice recorder, blackbox dan data-data lainnya.

“Saat ini kami sedang proses pengumpulan beberapa data dari airnavigasi pesawat sebelum penerbangan, voice recorder, blackbox dan data-data lainnya. Dan sore ini kami mendatangkan senior KNKT untuk melakukan identifikasi terjadinya insiden ini, bahkan kami juga berkoordinasi dengan pihak pembuat pesawat ATR 72-600 di Perancis untuk mendapatkan informasi penyebab terjadinya insiden ini,” ucapnya.

Pihaknya mengaku telah mengamankan perangkat-perangkat seperti blackbox dan voice recording untuk melakukan identifikasi. Untuk blackbox dan voice recording sore ini telah dikirim ke Jakarta untuk mengetahui informasi-informasi penyebab tergelincirnya pesawat Wing Air jenis ATR 72-600 di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Kami telah mengamankan blackbox dan voice recording pesawat Wing Air 72-600, dan sore ini langsung kami kirim ke Jakarta untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan. Untuk mengetahui informasi tersebut perlu menunggu sekitar enam bulan untuk mengetahui data-data tersebut. Walaupun menurut Undang-undang kami diberikan waktu setahun lebih, namun kami akan mencoba dalam waktu enam bulan sudah dapat mengetahui data informasi penyebab insiden ini,” terangnya.

Lanjutnya, selain mengetahui data di blackbox dan voice recording, pihaknya juga melihat faktor-faktor lain penyebab insiden tersebut, dan dirinya mengevaluasi dan mempelajari kejadian tersebut, agar insiden tergelincirnya pesawat Wing air 72-600 tidak terjadi kemudian hari. (AK/EL)

Advertisements