Home Lintas Jateng Buruh Minta Pembayaran THR Tidak Dicicil

Buruh Minta Pembayaran THR Tidak Dicicil

image

Semarang, 30/6 (BeritaJateng.net) – Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) mendesak agar perusahaan membayar Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu, tidak mundur serta tidak diangsur dan di bayarkan separoh.

‘’Tahun lalu banyak perusahaan yang memberikan THR dengan dicicil atau malah mundur setelah Lebaran. Maka tahun ini kami berharap itu tidak terjadi lagi,’’ kata Koordinator Gerbang Kota Semarang, Zaenudin di Semarang, Selasa (30/6).

Ia berharap perusahaan memberikan THR kepada para pekerja yang merupakan kewajiban sesuai Permanaker No PER.04/MEN/1994 bahwa pembayaran THR minimal satu kali gaji bagi yang sudah kerja satu tahun dan proporsional bagi yang di bawah satu tahun.

“Perusahaan yang pernah memberikan THR satu kali gaji tidak boleh diturunkan nilainya pada pembayaran THR tahun ini,” ujarnya.

Zaenudin juga meminta pemerintah agar membuat surat edaran ke perusahaan bahwa THR harus diberikan sejak awal puasa. Sehingga jika ada perusahaan yang tidak memberikan THR bisa dibahas lebih awal dan diberikan pengawasan. (BJ05)