Home Headline 400 Buruh PT Guna Bina Kimia Demo Tuntut Kesejahteraan

400 Buruh PT Guna Bina Kimia Demo Tuntut Kesejahteraan

buruh demoUngaran,16/2,  (Beritajateng.net) – Sekitar empat ratus buruh yang bekerja di PT Guna Bina Kimia, Pringapus, Kabupaten Semarang Senin (16/2), menggelar aksi demo di lingkungan tempat kerja mereka.

Dalam orasinya para buruh menuntut pada pihak manajeman untuk memenuhi enam tuntutan mereka, yakni kenaikan gaji, jaminan kesehatan, penghapusan sistem kontrak, pengelolaan limbah sesuai ketentuan dan pembentukan serikat pekerja.

“Banyak persoalan yang menimpa buruh disini, termasuk ketika kami mengalami kecelakaan kerja. Pencairan asuransi ataupun BPJS dipersulit, lalu ada apa dengan manajemen ?” beber juru bicara demonstran, Nadirin, Senin (16/2).

Plant Manager Perusahaan yang diwakili oleh Eko meminta pada buruh untuk berdialog dan meminta pada mereka, empat orang untuk mewakili berdialog di ruang rapat perusahaan, namun permintaan Eko  itu tidak ditanggapi oleh buruh.

“Tidak mungkin membahas tuntutan di sini, maka kami minta tolong ada perwakilan yang masuk,” ujar Eko.

Hingga menjelang tengah hari, para buruh masih terus menggelar orasi didepan pabrik dan berencana melakukan audiensi dengan komisi B DPRD Kabupaten Semarang.  Dalam rilisnya yang disampaikan pada sejumlah wartawan mereka  akan mogok kerja hingga Rabu (18/2) lusa.

Aktifitas demo buruh PT Guna Bina Kimia, yang dipantau secara langsung oleh  Kapolres Semarang, AKBP Muslimin Ahmad, Kabag Ops, Kasat Sabhara, Kasat Lantas Polres Semarang, serta sejumlah personel TNI dari  Kodim 0714/Salatiga dan Koramil 15/Klepu berlangsung tertib dan aman.(BJ29)