Home Lintas Jateng Bupati Purbalingga Awali Festival Jenderal Soedirman dengan Sujud Syukur

Bupati Purbalingga Awali Festival Jenderal Soedirman dengan Sujud Syukur

Bupati Purbalingga Awali Festival jenderal Soedirman dengan Sujud Syukur
         Purbalingga, 24/1 (BeritaJateng.net) – Bupati Purbalingga, Tasdi dan Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol inf. Andy Bagus Diyan Arika mengawali Festival Jenderal Soedirman (FJS) dengan Sujud Syukur di duplikat ruangan Panglima Besar Jenderal  (PBJ) Soedirman dilahirkan. Bertempat di Museum Tempat Lahir (MTL) PBJ Soedirman, desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Rabu (24/1).
           Bupati Tasdi dan Dandim Purbalingga melakukan sholat sunah dua roka’at  sebagai wujud syukur atas dilahirkannya Soedirman di Purbalingga. Rasa syukur tersebut juga menjadi dasar untuk terus mengingat jasa-jasa PBJ Soedirman serta untuk  terus menambahkan semangat nasionalisme dan patriotisme di masyarakat Purbalingga.
          Bupati Tasdi mengatakan festival yang kedua kalinya bertujuan menamamkan nilai-nilai kejuangan PBJ  Soedirman kepada generasi penerus bangsa agar tetap memiliki kepedulian terhadap persatuan dan kesatuan bangas. Kemudian menumbuhkan kesadaran belanegara kepada setiap warga negara Indonesia, serta cinta tanah air.
           “Selain itu melestarikan budaya daerah, memajukan produk lokal dan mengembangkan MTL sebagai objek wisata sejarah yang diminati masyarakat,” katanya saat melakukan pembukaan di halaman MTL PBJ Soedirman. Pembukaan diikuti oleh TNI/Polri, Kader Bela Negara, Mahasiswa Unsoed, Siswa Sekolah, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM).
          Bupati Tasdi juga menambahkan FJS tersebut sesuai dengan program presiden Joko Widodo yakni sesuai dengan program gerakan Indonesia Bersatu. Yaitu peningkatan perilaku yang mendukung kesadaran nasionalisme, patriotisme dan kesetikawanan social serta peningkatan kebijakan yang mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.
          Sedangkan Dandim 0702 mengatakan FJS akan berlagsung selama 5 hari dimulai 24 -29 Januari, yang akan dilakukan beberapa kegiatan antaralain telah dilaksanakan display drumband Canka Suhbrastha Yonif Raider 408 Sragen dan sosiodrama perjuangan PBJ Soedirman. Lomba tari banyumasan, lomba thek-thek, lomba lari pandu, pameran produk lokal dan alusista, pangung hiburan serta haul PBJ Soedirman sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
            “Pada kegiatan lari tandu akan diikuti oleh 350 tim, 1 tim berjumlah 4 orang sehingga ada 1.400 orang, yang natinya akan diikuti untuk 2 katagori, yakni untuk TNI/Polri dan untuk masyarakat umum. Lari Tandu akan menempuh jarak sejauh 5 kilometer, ” katanya.
           FJS akan ditutup dengan pengajian dan houl oleh Habib Lutfi dari Pekalongan. Bebarapa rangkaian kegiatan kegiatan tersebut lanjut Dandimn 0702, selain dilakukan kegiatan seni budaya juga lakukan kegiatan keagamaan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan berkah bagi kesejahteraan bagi masyarakat Purbalingga. (yit/El)