Home Headline Bupati Demak Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Bupati Demak Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Bupati Demak Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Demak, 22/10 (BeritaJateng.net) – Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, S.E., selaku inspektur, memimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 Kabupaten Demak di Lapangan Setda Demak.

Upacara tersebut juga diikuti Wakil Bupati Demak, KH. Ali Makhsun, Sekda Demak, dr. Singgih Setyono, Forkopimda Demak, dan DPRD Demak, serta Ormas Islam NU, dan Muhammadiyah.

Bupati Eisti dalam sambutan upacara menyampaikan, Hari Santri adalah hari yang bersejarah dikalangan santri Indonesia sebagai wujud apresiasi pengorbanan dan perjuangan santri dalam mewujudkan kemerdekaan NKRI.

“Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Hal ini merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan lndonesia, ” ujar Bupati.

Ia menyampaikan, Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Sehat, Demak Kuat. Tema ini sangat relevan di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di mana kaum santri yang memiliki peran penting dalam pembangunan dan kemajuan Demak, harus sehat.

“Santri harus sehat lahir dan batin untuk menjadi motor penggerak kebangkitan bangsa dari dampak pandemi Covid-19. Santri adalah bagian dari umat Islam dan Islam adalah agama mayoritas penduduk Indonesia. Maka, jika santri sehat, niscaya Demak semakin kuat, ” ungkapnya. (Prokompim). (BW/El)