Home Ekbis Bulog Kedu Belum Lakukan Pengadaan Beras

Bulog Kedu Belum Lakukan Pengadaan Beras

bulog

Magelang, 7/3 (BeritaJateng.net) – Perum Bulog Sub Divisi Regional V Wilayah Kedu belum melakukan pengadaan beras karena harganya masih di atas harga pembelian pemerintah yang ditetapkan Rp6.600 per kilogram.

“Beberapa daerah memang sudah ada panen, namun harganya masih tinggi di atas HPP sehingga kami belum bisa melakukan pembelian,” kata Kepala Perum Bulog Sub Divre V Wilayah Kedu Fansuri Perbatasari di Magelang, Sabtu.

Namun, katanya Bulog sudah mempersiapkan segalanya, antara lain melakukan seleksi mitra dan mempersiapkan satgas.

“Kalau harga masih di atas HPP maka bulog belum melakukan pembelian karena akan melanggar Inpres yang menatapkan bahwa HPP Rp6.600 per kilogram,” katanya.

Ia mengatakan selama belum ada perubahan HPP dari pemerintah, Bulog tetap mengasumsikan harga Rp6.600 per kilogram.

Ia menyebutkan target pengadaan tahun 2015 Sub Divre V Wilayah Kedu sebanyak 60.000 ton atau turun 20.000 ton dari tahun 2014 sebanyak 80.000 ton.

“Penurunan target ini karena belum tahu kebijakan pemerintah ke depan bagaimana, kalau dulu dalam pengadaan itu asumsi kami berdasarkan penyaluran raskin, namun pada 2016 belum tahu arah kebijakan pemerintah, jadi persiapan sesuai dengan estimasi kami,” katanya.

Ia menuturkan stok beras di Sub Divre V Wilayah Kedu yang meliputi Kabupaten Kebumen, Purworejo, Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Kota Magelang sekitar 19.000 ton atau cukup untuk persedian tiga hingga empat bulan ke depan.

“Setiap bulan kami menyalurkan beras untuk masyarakat miskin (raskin) sebanyak 5.600 ton,” katanya. (ant/BJ)