Home Lintas Jateng BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Polisi Paksa Perusahaan

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Polisi Paksa Perusahaan

image

Semarang, 1/4 (Beritajateng.net)-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jateng-DIY sudah menggandeng pengawas di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jateng serta Kejaksaan Tinggi Jateng. Namun untuk upaya memaksa sedikit pada perusahaan yang bisa dilakukan kepolisian akan direalisasikan.

Hal itu dikatakan Kepala BPJS Kanwil Jateng-DIY Cotta Sembiring. Menurut Cotta menggandeng pengawas di Dinakertransduk dan Kejati Jateng sudah dilakukan agar membantu mewajibkan pengusaha mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini pihaknya akan mencoba bekerjasama dengan kepolisian yaitu Polda Jateng agar ada upaya memaksa kepada pengusaha untuk patuh.

Saat ini lanjutnya masih ada perusahaan di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai aturan perusahaan wajib  mendaftarkan tenaga kerjanya agar memperoleh perlindungan jaminan sosial berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan nanti akan ada Jaminan Pensiun.(BJ23)