Bonding dengan Nelayan Aruna: Buka Bareng di Program Sarasehan Nelayan

SEMARANG (beritajateng.net) – Aruna, startup perikanan yang merevolusi ekosistem perdagangan hasil laut dengan teknologi menggelar Silaturahmi Nelayan Aruna (Sarasehan) yang bertajuk “Lebih Dekat di Bulan Penuh Berkah” pada Jumat (7/4/2023).

Silaturahmi Nelayan Aruna digelar di Pemalang, Jawa Tengah dan beberapa kota lain di Indonesia, seperti Sedayu, Yogyakarta; Papaan, Kalimantan Selatan; Pelabuhan Ratu, Jawa Barat; Bau Bau, Sulawesi Tenggara, dan Paciran, Jawa Timur.

Tidak hanya itu saja, namun bekerja sama dengan pemerintah dimana disini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Terus berkomitmen mengantar Indonesia sebagai poros maritim dunia pada tahun 2045, dengan menjadikan laut sebagai sumber kehidupan yang lebih baik bagi banyak orang.

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, Utari Octavianty mengatakan, sarasehan ini merupakan program engagement reguler yang diselenggarakan oleh Aruna untuk menjalin kedekatan dan menyampaikan informasi edukatif bagi Komunitas Nelayan Aruna.

Diikuti sekitar 200 Nelayan Aruna dan kelompok perempuan (Ibu Picker) Aruna, kegiatan dikemas dengan agenda qosidah dan tausiyah, yang kemudian dilanjutkan dengan buka bersama.

Meski tersebar di enam kota, agenda Sarasehan ini serempak ditujukan untuk membantu Aruna dalam mencapai visi dan misi utamanya, yakni untuk mengantar Indonesia sebagai poros maritim dunia pada tahun 2045, dengan menjadikan laut sebagai sumber kehidupan yang lebih baik bagi banyak orang.

“Berkomitmen untuk menjadi sustainably healthy, Sarasehan merupakan salah satu dari sekian hal yang Aruna lakukan untuk menjaga relasi kami dengan para Nelayan Aruna secara berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, sarasehan bukan melulu tentang program-program edukatif untuk improvisasi self-capacity, tetapi Sarasehan juga tentang entertainment, bonding secara langsung dengan komunitas pesisir.

“Harapannya, Aruna bisa terus humanis dan genuine seperti ini, agar lebih banyak nelayan di Indonesia yang dapat Aruna sejahterakan, ” Imbuhnya.

Selain untuk merayakan Ramadhan bersama, acara Sarasehan pada bulan April 2023 ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional.

“Sarasehan ini merupakan wadah bagi Aruna agar dapat merangkul para Nelayan Aruna dan komunitas pesisir yang telah menjadi ujung tombak dari berkembangnya industri kelautan dan perikanan di Indonesia. Sarasehan juga menjadi sarana untuk membangun kepercayaan para nelayan terhadap Aruna, terutama dalam menjalin kerja sama secara reguler dan berkelanjutan, ” jelasnya. (*)

Editor: Elly Amaliyah

Leave a Reply