Home Headline Boeing 737-400 PK “Terbakar” di Bandara A Yani Semarang

Boeing 737-400 PK “Terbakar” di Bandara A Yani Semarang

Petugas berusaha memadamkan api pesawat yang terbakar di Bandara A Yani.
Petugas berusaha memadamkan api pesawat yang terbakar di Bandara A Yani.
Petugas berusaha memadamkan api pesawat yang terbakar di Bandara A Yani.

Semarang, 18/3 (BeritaJateng.net) – Angkasa Air Boeng 737-400 PK SRG dengan flight number SRG 081 yang berangkat dari Jakarta menuju Semarang mengalami gagal landing, Rabu pagi (18/3). Pesawat yang membawa 135 penumpang tersebut mengalami over run ketika landing menggunakan runway 31 dan menabrak perimeter lalu terbakar.

Pesawat yang mengalami crash tersebut berhenti setelah tercebur ke sungai tepatnya di sektor H.19 pada Grip Map Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Akibat dari peristiwa tersebut 5 penumpang meninggal dunia, 65 orang mengalami luka berat dan 65 orang mengalami luka ringan serta pingsan akibat shocked atas kejadian tersebut.

Berbagai tindakan langsung dilakukan pihak Airport Emergency Committe dan Airport Security Committe PT Angkasa Pura I, Kodam IV/Diponegoro, Yonif Zipur 4/TK Ambarawa, Yonif 400/ Raider, Skadron 31/Serbu Emarang, Basarnas Provinsi Jawa Tengah, Basarda Semarang, Lanumad Ahmad Yani, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan beberapa Rumah Sakit di Semarang.

Kejadian tersebut adalah bagian dari skenario latihan Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke 81 di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

General Manager Angkasa Pura I Priyo Jatmiko mengatakan dalam Latihan ini dilakukan 3 simulasi yang terdiri dari Full Scale Emergency Exercise, Aviation Security Exercise dan Domestic Fire Exercise.

“Tujuan PKD ini tidak lain adalah untuk menguji sekaligus mengevaluasi fungsi-fungsi koordinasi, komunikasi dan komando antar unit dan instansi, sekaligus memantapkan kemampuan personil sesuai bidang dan tugasnya dalam Airport Emergency Plan/AEP dan Airport Security Programe,” ujarnya di sela-sela acara Penenggulangan Keadaan Darurat Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. (BJ05)