Home Hukum dan Kriminal Bobol ATM, Buruh Bangunan Untung Rp. 22,5 juta rupiah.

Bobol ATM, Buruh Bangunan Untung Rp. 22,5 juta rupiah.

Karanganyar, 25/8 (BeritaJateng.net) – Bobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank BRI, SP (27) warga Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar diamankan jajaran Satreskrim Polres Karanganyar pada hari Rabu (24/8/2016) kemarin.

Pria lulusan Sekolah Menegah Pertama ini mampu meraup keuntungan hingga Rp. 22.500.000 saat membobol ATM milik bank BRI di kawasan Lalung Karanganyar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak menyampaikan kasus ini dilaporkan pihak bank yang merasa ada transaksi mencurigakan di ATM tersebut.

“Pasalnya uang yang ada di dalam ATM selalu berkurang namun tidak sesuai transaksi yang tercatat,” papar Kapolres Ade kepada wartawan di Karanganyar Jawa Tengah, Kamis (25/8/2016).

Hasil temuan bank kemudian ditindaklanjuti oleh petugas dari Satreskrim Karanganyar. Salah satunya memeriksa dan mempelajari CCTV yang ada di lokasi ATM.

“Saat ini pelakunya sudah diamankan dan sedang dalam pemeriksaan,” lanjut Ade.

Pengakuan pelaku, setidaknya sudah melakukan pembobolan selama 14 kali. Namun hanya sembilan yang berhasil. Sedangkan empat lainnya gagal.

Dari sembilan kali pembobolan, tujuh diantaranya dilakukan di ATM kawasan Lalung, satu kali di Kerjo, satu di Jaten dan satu di Tawangmangu.

Dalam setiap aksinya pelaku selalu menutupi wajahnya dengan slayer dan mengunakan topi juga jaket untuk mengaburkan rekaman CCTV.

“Pelaku juga mengaku selalu mencari lokasi ATM yang sepi dan tidak ada antrian. Dan memilih pecahan Rp. 100 ribu,” ungkap Ade.

Pelaku akan dikenakan pasal 363 ayat (1) butir 3 dan 5 KUHP denagn ancaman hukuman penjara paling lama sembilan tahun. (Bj24)