Home News Update BMKG : Gelombang Laut Babel Kembali Normal

BMKG : Gelombang Laut Babel Kembali Normal

BMKG

Pangkalpinang, 24/2 (BeritaJateng.net) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan kondisi gelombang laut di jalur pelayaran Bangka Belitung (Babel) pada Rabu (25/2) berangsur-angsur kembali normal.

“Ketinggian gelombang laut di jalur pelayaran Babel ini berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Evi Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan kondisi gelombang ini tetap harus diwaspadai para nelayan tradisional dengan bobot kecil saat melaut.

“Kondisi gelombang laut di Babel sekarang berangsur-angsur normal tetapi nelayan yang beraktivitas di laut diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan terutama bagi nelayan berperahu kecil,” ujarnya.

Ia menambahkan kecepatan angin diperairan ini berkisar antara 10 hingga 35 kilometer per jam dari Barat Laut menuju Timur Laut.

Sementara itu, lanjut Evi, kondisi cuaca sebagian daratan di wilayah tersebut akan berpotensi turunnya hujan dengan intensitas ringan.

“Dari pantauan cuaca, empat kabupaten kota di Babel berpotensi turun hujan, sedangkan tiga kabupaten lainnya hanya berawan dan tidak berpotensi hujan,” katanya.

Ia mengatakan, empat daerah tersebut yakni Kabupaten Belitung, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang.

“Sedangkan Tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Bangka, Belitung Timur dan Bangka Barat hanya berawan namun potensi turunnya hujan masih belum terjadi di daratan tersebut,” ujarnya. (ant/BJ)