Home Hukum dan Kriminal BKSDA Tangkap Penjual Hewan Langka

BKSDA Tangkap Penjual Hewan Langka

Semarang, 16/12 (Beritajateng.net) – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah menangkap Andika (31) warga Ambarawa, seorang penjual satwa langka terlindungi. Pelaku menjual satwa langka melalui sistem online di sosial media atau akun facebook.

Kepala BKSDA Jawa Tengah, Suharman menuturkan penangkapan pelaku dilakukan di depan minimarket dekat terminal di Ambarawa Selasa siang pukul 13.00. Saat ditangkap Andika mengunakan sepeda motor dan membawa karung berisi hewan langka. Petugas pun langsung menangkapnya.

Sebelumnya perugas telah melakukan pemantauan selama enam bulan yang lalu, mengenai adanya jual beli binatang yang dilindungi. Saat Andika ditangkap, petugas menemukan sejumlah hewan langka. Antara lain dua ekor kanci, dua ekor kukang dan satu ekor trenggiling yang dibawa pelaku.

Dari hasil pemeriksaan diketahui beberapa satwa dalam kondisi luka pada bagian kepala dan kaki. Pelaku ditangkap Petugas Balai konservasi Sumber Daya Alam Jawa tengah bersama LSM Center for Orangutan(COP) dan LSM Jakarta Animal Aid Networkcod (JAAN) Pelaku mengaku sudah enam bulan menjual hewan langka melalui media sosial facebook kemudian bertemu dengan pembeli ditempat yang sudah ditentukan.

Kelima hewan langka dilindungi oleh petugas BKSDA Jawa Tengah kemudian diserahkan ke kebun binatang Mangkang Semarang. Sedangkan pelaku diserahkan ke Direskrimsus Polda Jawa Tengah dan diancam dengan undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem. Ancaman hukuman lima tahun penjara serta denda Rp100 juta. (Hn/pj)