Home Lintas Jateng BKB Ujicoba Lapisi Tangga Borobudur Dengan Papan Kayu

BKB Ujicoba Lapisi Tangga Borobudur Dengan Papan Kayu

 

Magelang, 20/11 (Beritajateng.net) – Balai Konservasi Borobudur melakukan uji coba melapisi tangga Candi Borobudur dengan papan kayu guna mengantisipasi keausan batu candi.

“Kami mengamati batu tangga candi mengalami keausan, oleh karena itu tahun ini kami berusaha melakukan penelitian atau kajian bagaimana cara yang efektif untuk menghentikan keausan tersebut,” kata Kepala BKB Marsis Sutopo di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan salah satu cara yang sedang dikaji adalah memberikan lapisan kayu pada tangga Candi Borobudur. Namun, pihak BKB tidak serta merta langsung memasang, perlu melakukan penelitian dengan memasang contoh untuk uji coba.

Uji coba pelapisan tangga dilakukan di tangga bagian selatan dengan memasang papan kayu pada beberapa undakan.

Selain uji coba, katanya BKB juga menyebarkan semacam kuesioner kepada para pengunjung Candi Borobudur untuk mengetahui tanggapan mereka tentang pelapisan tangga candi.

“Kami ingin mendapat masukan juga dari pengunjung, apakah dengan cara seperti itu (pelapisan kayu) malah justru aman atau tidak aman atau lebih nyaman atau lebih susah,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan penelitian dan juga informasi yang diperoleh dari pengunjung akan digunakan untuk menyempurnakan cara atau bentuk paling efektif untuk melindungi tangga batu candi.

“Hasil penelitian dan masukan pengunjung untuk menyempurnakan pelapisan tangga agar efektif, aman untuk batu candi, dan nyaman untuk pengunjung,” katanya.

Ia menuturkan setelah mendapatkan informasi yang komprehensif baru bisa membuat lapisan pelindung di tangga candi pada keempat sisinya.

Ia mengatakan setelah melalui rangkaian penelitian akan dilakukan seminar.

“Seminar dari hasil penelitian, kami akan undang para pakar untuk memberikan masukan bagaimana pelapisan itu bisa aman dan nyaman untuk candi maupun pengunjung serta mempertimbangkan nilai artistik,” katanya.(ant/pj)