Home News Update Biologi UIN Walisongo Raih Akreditasi A

Biologi UIN Walisongo Raih Akreditasi A

image

Semarang, 11/6 (Beritajateng.net)-Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT. “Dengan akreditasi A ini, program peningkatan mutu pendidikan dan alumni Pendidikan Biologi akan lebih bagus,” kata Ketua Prodi, Li’anah.

Ia mengatakan harapan besarnya adalah meningkatkan animo masyarakat masuk program pendidikan serta meningkatkan daya saing lulusan.
 
Pendidikan Biologi UIN Walisongo akan mengambil skema keunggulan dalam bidang reproduksi tumbuhan dan hewan yang berkelanjutan. “Dari sini, target pengembangan unity of sciences akan benar-benar dikawal dengan baik. Apalagi stigma sebelumnya, ketika tahun 2013 hanya mendapat nilai akreditasi C, mahasiswa merasa bingung,”ujarnya.

“Dengan akreditasi ulang dapat A, mahasiswa sudah bisa mengikuti rekrutmen PNS dan bekerja di lembaga pendidikan yang lebih profesional,” tambah doktor ilmu lingkungan ini.
 
Tujuan yang ingin dicapai dari prodi ini ujarnya adalah menghasilkan lulusan bidang pendidikan biologi yang memiliki kompetensi akademik dan profesional.

“Mahasiswa UIN juga ditekan memiliki kemuliaan akhlak yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu” tegas Sekretaris Prodi, Dian Triastari Armanda.

Dosen dan mahasiswa biologi, lanjutnya, berusaha menghasilkan riset dan karya pengabdian masyarakat bidang biologi yang kontributif untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
 
Bidang biologi sangat luas cakupannya, terutama ciri khas Biologi UIN Walisongo akan selalu menampilkan corak keilmuan biologi yan Islami. Sehingga pola pendidikan yang diterapkan adalah pembelajaran biologi yang inovatif, kreatif dan bermakna menuju kesatuan ilmu pengetahuan dan berwawasan kelestarian lingkungan dengan mengoptimalkan kearifan lokal.

“Target sederhananya, mahasiswa lulus dapat menjadi guru biologi yang profesional dan mempunyai pemahaman agama terkait biologi dengan matang” tegas Armanda yang juga mengajar Anatomi Tumbuhan.(BJ)