Home Ekbis BI Solo Siapkan  Rp 2,8 Triliun Uang Baru

BI Solo Siapkan  Rp 2,8 Triliun Uang Baru

Ismet Inono (tengah)
Ismet Inono (tengah)
Ismet Inono (tengah)

Solo, 29/6 (BeritaJateng.net) – Tradisi masyarakat saat jelang lebaran adalah menyiapkan uang pecahan kertas baru mulai nominal Rp 1000 sampai Rp. 20 Ribu, paling banyak di buru. Sehingga selama Ramadhan penukaran uang kertas baru menjadi keharusan yang tidak bisa di tinggalkan.  

Untuk mengatasi permintaan masyarakat selama Ramadhan, dimana  animo masyarakat untuk menukar pecahan baru di berbagai bank di kota Solo sangat tinggi, maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo sudah menyiapkan sebanyak Rp 2,8 Triliun uang pecahan baru.  

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo mencatat selama awal Ramadhan hingga hari ini Bank Indonesia sudah mengeluarkan uang pecahan baru sebanyak  Rp 845 miliar. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Ismet Inono menjelaskan antisipasi tingginya permintaan uang pecahan baru di kota Solo, BI Solo sudah menyiapkan total dana Rp 2,8 triliun.

“Baru pekan pertama saja sudah tersalur sekitar 36 persennya,” jelasnya kepada wartawan di Solo Jawa Tengah belum lama ini. 

Untuk tahun ini terang Ismet, pihak Bank Indonesia bekerja sama dengan  sejumlah bank untuk memberikan pelayanan tukar uang pecahan baru. Sehingga masyarakat lebih mudah untuk menukarkannya, tidak harus di kantor Bank Indonesia. 

Perincian total uang pecahan yang disalurkan Bank Indonesia di minggu pertama adalah pecahan Rp 100 ribu sebanyak  sebesar Rp 388 miliar, untuk  pecahan Rp 50 ribu sebesar Rp 278 miliar, pecahan Rp 20 ribu sebesar Rp 60,5 miliar, pecahan Rp 10 ribu sebesar Rp 57,2 miliar, pecahan Rp 5 ribu sebesar Rp 43,2 miliar dan untuk pecahan Rp 2 ribu dan Rp 1 ribu sebesar Rp 17 miliar. (BJ24)