Home Ekbis BI Perkirakan Inflasi Kembali Normal Pada Februari

BI Perkirakan Inflasi Kembali Normal Pada Februari

Jakarta, 4/12 (Beritajateng.net) – Deputi Gubernur Bank Indonesia Hendar memperkirakan laju inflasi akan kembali pada pola normal pada Februari 2015 pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

“Inflasi month to month (bulanan) akan kembali ke pola normal pada Februari 2015,” ujar Hendar di Jakarta, Kamis seperti dikutip Antara.

Inflasi November 2014 meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, namun lebih rendah dari prakiraan Bank Indonesia. Inflasi IHK mencapai 1,50 persen (mtm), meningkat dari 0,47 persen (mtm) pada Oktober 2014.

Peningkatan inflasi terutama bersumber dari naiknya inflasi kelompok administered price dan volatile foods. Secara tahunan, inflasi IHK pada November mencapai 6,23 persen (yoy).

Inflasi administered prices meningkat terutama didorong oleh kenaikan harga BBM bersubsidi, tarif angkutan darat dan tarif tenaga listrik (TTL).

Sementara itu, kenaikan inflasi inti relatif sesuai dengan perkiraan, yakni mencapai 0,4 persen (mtm) atau 4,21 persen (yoy). Hal ini antara lain dipicu oleh kenaikan biaya transportasi sejalan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi.

Hendar menuturkan, kebijakan penyesuaian harga BBM bersubsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah memang akan mengerek laju inflasi ke tingkat yang lebih tinggi. Namun, kenaikan inflasi diperkirakan hanya terjadi pada tiga bulan pertama pasca kenaikan harga BBM.

“Dua minggu yang lalu, pemerintah menaikkan harga BBM. Dalam jangka pendek memang akan dorong inflasi ke arah lebih tinggi, namun dalam jangka panjang banyak hal positif. Bisa mengurangi impor minyak. Realokasi ke infrastruktur juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Hendar.(ant/pj)

Advertisements