Home Headline Jimly Sarankan BG Mundur Dari Pencalonan Kapolri

Jimly Sarankan BG Mundur Dari Pencalonan Kapolri

JIMLYNSemarang, 16/12 (BeritaJateng.net) – Mantan Ketua MK Prof Jimly Asshiddiqie menyarankan Budi Gunawan untuk mundur dari posisi calon Kapolri meski keputusan praperadilan mengabulkan gugatannya.

“Kita hormati keputusan praperadilan, dengan begitu bisa dikoreksi, Praperadilan itu tidak menyalahkan substansi yang di persangkakan, sehingga kalau suatu saat KPK memperbaiki sesuai prosedur yang berlaku, bisa saja minggu depan, bulan depan Budi Gunawan dinyatakan lagi sebagai tersangka, bisa saja kemungkinan itu terjadi,” ujar Jimly usai Seminar bertajuk ‘Menegaskan Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 45’ di Hotel Horison Semarang.

Wakil Ketua Tim Sembilan ini juga menyatakan pengabulan gugatan praperadilan ini merupakan momentum tepat bagi Budi Gunawan untuk mengundurkan diri dari proses pencalonan Kapolri, daripada akhirnya memaksakan diri untuk tetap dilantik.

“Kalau BG mundur dari proses pencalonan Kapolri, DPR tidak bisa mempersoalkan kalau presiden mengajukan calon baru sehingga harapan public akan adanya calon baru juga terpenuhi,” ujar Guru Besar Tata Negara Universitas Indonesia itu.

Menurutnya, Budi Gunawan masih mempunyai kesempatan untuk jadi Kapolri pada saatnya. “Kapolri itukan paling hanya dua tahun jabatannya, umurnya (Budi Gunawan,red.) juga masih muda jadi masih punya kesempatan untuk jadi Kapolri pada saatnya,” katanya.

Kemenangan BG di praperadilan, lanjutnya, harus dimanfaatkan untuk mengembalikan kewibawaannya bahwa dia tidak salah secara procedural serta menjadi Win-win solution atas polemic KPK-Polri. (Bj05)