Home Nasional Besok Jokowi Resmikan Pengoperasian BPJS Ketenagakerjaan

Besok Jokowi Resmikan Pengoperasian BPJS Ketenagakerjaan

Pandam IV Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono mengecek kesiapan pasukan dalam apel pengamanan Presiden.
Pandam IV Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono mengecek kesiapan pasukan dalam apel pengamanan Presiden.
Pandam IV Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono mengecek kesiapan pasukan dalam apel pengamanan Presiden.

Cilacap, 29/6 (BeritaJateng.net) – Pengoperasian BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan secara penuh tinggal menghitung jam yakni dimulai 1 Juli 2015. Secara resmi pengoperasian ini akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo Selasa (30/6) di Cilacap. Pantai Teluk Penyu dipilih sebagai tempat peresmian tersebut.

Kehadiran Presiden ini menjadi goal dari kegiatan yang sudah dilakukan oleh BPJS dengan melakukan  sosialisasi dan penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta Bukan Penerima Upah (BPU). Seperti yang sudah berlangsung di wilayah DKI Jakarta. Kartu BPJS Ketenagakerjaan ini meliputi kartu jaminan kecelakan kerja dan jaminan kematian.

Dari pihak BPJS diperoleh keterangan, untuk mensukseskan program ini, sebelumnya akses terhadap layanan kepada masyarakat telah dibuka melalui sejumlah kantor cabang perintis (KCP) di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya mengatakan, BPJS Ketenaga kerjaan telah meresmikan 203 KCP, termasuk 53 KCP yang sudah beroperasi pada 2014. Hal tersebut guna mempersiapkan secara matang untuk peluncuran BPJS Ketenagakerjaan pada 1 Juli 2015 dengan diresmikan secara langsung oleh Presiden.

“Kami meresmikan 150 KCP baru dan 53 KCP yang sudah ada, sehingga jumlahnya 203 KCP di seluruh Indonesia. Kami juga melantik Kepala KCP yang akan bertugas di masing-masing KCP,” kata Elvyn.

Dalam peresmian tersebut, rencananya Presiden Joko Widodo disimbolkan dengan pemberian 5.000 kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.  Selain kartu peserta BPJS, Presiden juga bertemu dengan nelayan Cilacap dan menyerahkan sebanyak 2.500 unit alat tangkap ikan ramah lingkungan.

Assisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Jateng, Budi Wibowo mengatakan, usai dari Cilacap, Presiden Jokowi akan melanjutkan kegiatan di Kabupaten Banyumas.

Diwilayah ini Presiden akan meletakan batu pertama pembangunan Pasar Manis Kedung Wuluh Banyumas dan peluncuran pembangunan 1.000 pasar rakyat pada 2015.

Kunjungan kerja Joko Widodo didampingi Menteri Ketenagakerjaan, J. Muh Hanif, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Puji Astuti, Direktur Utama BPJS Elvyn G. Masassya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan undangan lain.

Persiapan kedatangan Presiden, Senin (29/6) pagi tadi digelar apel keamanan di lapangan eks.Batalyon Cilacap dan dipimpin Pandam IV Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono.

“Untuk pengamanan ini kita terjunkan 2.700 personil gabungan dari TNI AD, AL, dan Polri,” tutur Pangdam Bayu Purwiyono. Diantara titik fokus dalam pengamanan ini menurutnya pada ring satu obyek wisata Teluk Penyu sebagai lokasi kegiatan dan sekitarnya. (BJ33)