Home Hiburan Bernostalgia Dengan Kereta Tua dan Klasik

Bernostalgia Dengan Kereta Tua dan Klasik

Semarang, 30/12 (Beritajateng.net) Tua dan klasik, itulah kesan pertama saat naik kereta api yang melayani rute wisata dari stasiun Ambarawa ke stasiun Tuntang, Kabupaten Semarang.

Libur akhir tahun ini, warga bisa nostalgia, menikmati naik kereta tua, yang terbuat dari kayu buatan awal tahun 1910, dengan menempuh rute sejauh tujuh kilometer.

PT kereta api DAp IV Semarang pada libur akhir tahun ini, membuka paket wisata nostalgia, dengan harga tiket Rp50 ribu tiap orang. bisa naik kereta tua, untuk mengingat sejarah awal mula transportasi kereta api Ambarawa pada tahun 1873.

Jalur kereta api tuntang – ambarawa – jambu – bedono, merupakan jalur kereta api yang memiliki nilai penting dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia, karena jalur ini termasuk jalur pertama, yang dibangun untuk kepentingan militer pemerintahan hindia belanda.

Pada zaman Belanda, jalur yang dibangun pada 1871 oleh belanda ini, digunakan untuk mengangkut hasil bumi, berupa palawija dan sayur mayur.

Namun untuk wisata, pada akhir tahun ini, hanya jalur ambarawa tuntang yang diaktifkan. penumpang kereta sepanjang perjalanan dapat menikmati pemandangan lengkap menawan, berupa sawah dan danau rawa pening, dengan latar belakang gunung telomoyo, gunung merbabu di kejauhan. Jalur wisata ini menebar panorama indah hamparan rawa, yang luas dengan enceng gondoknya yang menutupi perairan.

Dari atas kereta tua, penumpang bisa sambil foto-foto menikmati keindahan alam. Namun kali ini penumpang hanya bisa naik dengan lokomotif diesel, jika memesan jauh hari bisa naik lokomotif uap, dengan bahan bakar kayu/ dengan tarif diatas Rp12 juta rupiah. Bagi anda yang ingin menikmati nostalgia naik kereta tua, masih ada kesempatan hingga tanggal lima Januari (BJ20)