Home Hukum dan Kriminal Berdalih Banyak Utang, Wanita Ini Nekad Ngutil

Berdalih Banyak Utang, Wanita Ini Nekad Ngutil

image

Jepara – 24/03 (beritajateng.net)- Berdalih terbelit hutang, Sutarmi(41), warga Desa Kandang Mas, Kecamatan Dawe, Kudus, nekat mencuri dengan cara mengutil uang milik Kasanati (47) pedagang pakaian Pasar Mayong. Karena ketahuan korban, pelakupun harus berurusan dengan aparat Polsek Mayong. 

Aksi pelaku berlangsung sepekan lalu, tepatnya Rabu(18/3) siang. Dalam aksinya, pelaku menyaru sebagai pembeli. Di saat korban lengah, pelaku mengambil tas berisi uang milik korban. Menurut pengakuan pelaku, aksi ngutil tersebut dilakukan untuk kali kedua. Sebelumnya, dengan cara yang sama pelaku mengutil di toko perhiasan emas. “Sebelumnya saya juga pernah mengutil perhiasan mas di Pasar Mayong. Perhiasan yang saya curi telah terjual dengan harga Rp 4 juta,” kata Sutarmi.

Sutarmi berdalih, pencurian tersebut terpaksa dilakukan karena terbelit hutang hingga Rp 50 juta sebagai modal jual beli beras. Namun apes, usaha jual beli beras berakhir bangrut. “Perbuatan ini terpaksa saya lakukan karena terbelit hutang Rp 50 juta untuk dagang beras. Tapi usaha dagang saya bangrut,” tuturnya.

Dari tangan pelaku polisi menyita barang bukti uang hasil mengutil senilai Rp 1,1 juta.

Kasubag humas Polres Jepara, Akp Maryono menegaskan, pelaku di jerat pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. “Atas perbuatan pencurian itu, pelaku dijepara pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” jelas Maryono.(BJ18)