Home Headline Belum Semua Parpol Selesaikan SPJ Banpol 2014

Belum Semua Parpol Selesaikan SPJ Banpol 2014

banpol
Ilustrasi

Semarang,16/2 (Beritajateng.net) – SPJ atas bantuan politik bagi parpol yang memiliki kursi di DPRD Jawa Tengah sampai saat ini belum beres. Kondisi ini mengakibatkan pencairan bantuan untuk tahun 2015 belum dapat diwujudkan.

Kasubid Pemilu, Pendidikan dan Budaya Politik Kesbangpollinmas Jawa Tengah Haerudin usai mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi A DPRD Jateng, mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah siap melakukan pencairan banpol, namun partai politik harus menyelesaikan pertanggungjawaban atas penggunaan banpol tahun sebelumnya.

“SPJ dari parpol sampai saat ini belum masuk. Kami siap mencairkan kalau SPJ tersebut sudah diberikan,” ungkap Haerudin, Senin, (16/2).

Menurut Haerudin, pemberian banpol dimaksudkan untuk membantu pelaksanaan pendidikan politik bagi masyarakat dan bantuan penataan administrasi partai politik di Jawa Tengah. “Besaran banpol adalah Rp 140 juta untuk setiap pemilih bagi partai yang memiliki kursi di DPRD Jateng,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKS Jateng Ahmadi mengaku, partainya saat ini sudah menyelesaikan SPJ atas banpol tahun 2014.  Bahkan menurut dia, SPJ yang dibuat PKS Jateng menjadi rujukan bagi partai lain dalam penyusunan maupun model akuntansinya.

“SPJ di tempat kami sudah selesai tapi saya tidak tahu persis apa sudah diselesaikan atau belum,” ungkapnya.

Jumlah banpol yang diterima DPW PKS Jateng tahun 2014 sebanyak Rp. 160,6 juta. Dana sebanyak itu menurut Ahmadi dirasa kurang memadai, namun pihaknya memiliki sistem lain yang sudah berjalan dalam penggalangan dana yang diperoleh dari para kadernya.(BJ013)