Home Hukum dan Kriminal Bekingi Solar Ilegal, Oknum Polisi Segera Diproses Hukum

Bekingi Solar Ilegal, Oknum Polisi Segera Diproses Hukum

image

Semarang, 7/7 (Beritajateng.net)-Bidang Propam Polda Jawa Tengah memerintahkan anggotanya untuk tangani oknum perwira polisi yang terlibat bekingi truk tangki berisi Solar subsidi sekitar 5000 liter yang melanggar izin.

Dari informasi yang dihimpun oknum tersebut yakni Kompol Dony Suhardja. Sebelumnya pernah menjabat Kapolsek Semarang Barat kemudian pindah tugas di Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Jateng.

Kepala Bidang Propam Polda Jawa Tengah Kombes Pol Hendra Supriatna mengungkapkan telah membenarkan hal tersebut. Namun untuk pidananya tetap ditangani Polsek Gayamsari.

“Kami kawal kasusnya, kalau terbukti dan inkrah maka akan saya proses (internalnya),” katanya.

Hendra menambahkan sejauh ini kasusnya masih ditangani Polsek Gayamsari. Namun karena hasil penyidikan pidananya ada dugaan mengarah ke oknum perwira Polda, maka dari itu pihaknya sudah bertemu yang bersangkutan siang tadi di kantornya.

“Tadi siang sudah kami temui meski masih proses tetap akan proses disiplin. Kita tunggu saja,”tuturnya.

Kapolsek Gayamsari Kompol Dili Yanto mengatakan dalam kasus yang ditanganinya memang benar ada dugaan keterlibatan oknum polisi. Prosesnya kini masih penyidikan dengan menetapkan satu tersangka yaitu sopir truk.

“Hasil memang mengarah kepada oknum, sementara masih kita kembangkan lagi,”jelasnya.

Dikatakan Dili bahwa dalam penanganan kasus tersebut baru menetapkan seorang tersangka sopir.

“Sudah ada tersangka sopir. Namun karena ancamanya dibawah 5 tahun tidak ditahan. Maka dari itu tunggu pengembangan selanjutnya,” ungkap Dili.

Dili menjelaskan kasus itu terjadi sekiranya sudah dua bulan lalu di daerah Semarang Timur. Saat anggota mencurigai ada truk tangki membawa solar subsidi saat parkir.

“Kasusnya sudah dua bulanan di daerah Semarang Timur. Jadi ada kendaraan (truk) parkir kemudian kita cek ternyata bawa solar bersubsidi,” jelasnya.

Terpisah Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin mengatakan penanganan tetap harus dilakukan Polsek Gayamsari meski tidak ada oknum yang terlibat.

“Iya itu soal izin angkut. Pidana yang menangani Polsek Gayamsari. Jika ada oknum terlibat jelas harus diproses karena tidak ada yang kebal hukum,” tegas Burhanudin.(BJ04)