Home Kesehatan Begini Kondisi Bayi Michael yang Jantungnya Diluar Tubuh

Begini Kondisi Bayi Michael yang Jantungnya Diluar Tubuh

Wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menggendong Michael bayi yang jantungnya diluar tubuh.

Semarang, 25/5 (BeritaJatebg.net) – Kondisi bayi yang jantungnya diluar tubuh Michael Josephin Harisananda kini mulai membaik setelah mendapat perawatan intensif atas rekomendasi Pemkot Semarang.

Michael bayi laki-laki berusia tujuh bulan yang memiliki kelainan pada organ tubuhnya sejak lahir itu telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ketileng, Kota Semarang sejak awal Maret lalu.

Putra kedua pasangan Andreas Setiabudi dan Agustina itu akhirnya siap dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta untuk menjalani operasi pada Kamis (26/5) mendatang.

“Saat ini kami terus melakukan kordinasi dengan RSCM. Kamis nanti akan diantar langsung oleh RSUD (Ketileng) dan akan terus dilakukan pendampingan sampai dioperasi,” ungkap Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu saat mengunjungi Michael di RSUD Ketileng Kota Semarang, Selasa (24/5).

Mbak Ita sapaan akrab Wakil Wali Kota- menjelaskan, kondisi Michael saat ini cukup baik. Berat badan yang dimiliki juga mencukupi sehingga menurut penjelasan dari dokter spesialis jantung siap menjalani operasi.

“Untuk biaya pengobatannya, kami sudah koordinasi dengan Dinkes (Dinas Kesehatan) akan ditanggung oleh Pemkot,” sambungnya seraya menegaskan pihaknya akan terus mengawal hingga yang bersangkutan benar-benar sembuh.

Direktur RSUD Kota Semarang, Susi Herawati menambahkan, Michael telah dirawat di RSUD Kota Semarang sejak 12 Maret 2016 lalu setelah mengetahui ada kelainan. Pertimbangan dibawa ke RSUD Kota Semarang, untuk melindungi organ tubuhnya yang berada di luar. Menurutnya, jika terus dibiarkan, dikhawatirkan mengalami infeksi. “Kebetulan di sini (RS Ketileng) memiliki ruang perinatologi dengan peralatan yang cukup memadai,” imbuhnya.

Selama menjalani perawatan, lanjut dia, kondisi Michael sangat baik. Berat badannya saat ini adalah 6,6 kilogram melebihi berat badan yang disyaratkan untuk menjalani operasi yaitu 6,5 kilogram. Selain itu, Michael juga dinyatakan telah memenuhi persyaratan lain antara lain paru-paru serta metabolisme tubuh yang pas untuk dilakukan narkose (pembiusan). “Sebisa mungkin nanti jantung Michael akan dikembalikan sebagaimana mestinya. Namun jika tidak bisa dimasukkan, akan diberi semacam lapisan kulit yang diambil dari paha,” bebernya.

Sementara itu, Ibunda Michael, Agustine, mengaku sangat berterima kasih kepada Pemkot Semarang karena telah membantu perawatan putranya. Ia berharap kondisi anaknya terus membaik dan kembali normal usai menjalani operasi di di RSCM Jakarta kelak. “Semoga kebaikan Ibu (Wakil Wali Kota) dibalas Yang di Atas (Tuhan),” kata warga RT 01 RW 13 Jalan Aribuana Nomor 35 Kelurahan Krobokan Semarang Barat itu. (Bj05)