Home Lintas Jateng Bedah Rumah, BAZNAZ Pugar 10 Rumah Tak Layak Huni

Bedah Rumah, BAZNAZ Pugar 10 Rumah Tak Layak Huni

699

Semarang, 1/9 (BeritaJateng.net) – Badan Amil Zakat Kota Semarang ditahun 2016 ini menargetkan perbaikan rumah warga tidak layak huni sebanyak 50 rumah bekerjasama dengan Kodim 0733/BS Semarang.

Ketua Badan Amil Zakat Kota Semarang yang juga Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan rencanannya BAZ yang bekerjasama dengan Kodim 0733/BS Semarang ditahun 2016 ini akan melaksanakan perbaikan untuk 35 rumah warga yang dinilai tidak layak huni.

Namun demikian setelah berkordinasi dengan para pengurus BAZ terkait sisa anggaran yang ada, ternyata memungkinkan untuk menambah jumlah rumah yang diperbaiki menjadi 50 rumah ditahun 2016 ini.

Hingga saat ini total rumah yang sudah di perbaiki keseluruhan 30 rumah yang tersebar di 16 kecamatan, sedangkan 10 rumah yang terakhir diserah terimakan oleh walikota diantaranya dari kecamatan Pedurungan, Ngaliyan, Semarang Selatan dan Gayamsari.

“Kriteria yang diperuntukan bagi masyarakat untuk dibantu perbaikan rumah tidak laik huni diantaranya fisik bangunan yang tidak layak ditempati, selanjutnya dari pemilik rumah memang berkategori miskin. Saya rasa itu wajib dibantu BazNas kota Semarang,” jelas hendi sapaan akrab Walikota Semarang saat menyerahkan bantuan perbaikan rumah di Kelurahan Lamper lor Kec. Semarang Selatan.

Lebih lanjut Hendrar Prihadi menuturkan sebagai kota Metropolitan, ternyata masih banyak ditemui sejumlah rumah yang tidak layak huni dikota Semarang.

“Baznas itu dapat masukan dari masyarakat dan memiliki tim yang melakukan survey terhadap objek yang akan dibantu sehingga akan dikomunikasikan lagi untuk mengambil langkah yang prioritas. Insyaallah tepat sasaran,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dana Zakat dan Amal dari masyarakat yang disalurkan ke BAZ kota Semarang hingga tahun 2015 lalu mencapai 3,2 Miliar rupiah juga dikembalikan lagi ke Masyarakat.

“Ada banyak program yang dilakukan Baznas untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung diantaranya seperti beasiswa bagi siswa miskin, bantuan usaha hingga bedah rumah,” ungkap Hendi.(bj05)

Advertisements