Home Headline BBTKLPP Yogyakarta Lakukan Survei Eleminasi Penyakit Filariasis di Blora

BBTKLPP Yogyakarta Lakukan Survei Eleminasi Penyakit Filariasis di Blora

BLORA, 4/5 (BeritaJateng.net) – Setelah lima tahun berturut turut diberikan pengobatan secara masal penyakit kaki gajah (Fiariasis) kepada masyarakat Blora, Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian penyakit (BBTKLPP) Yogjakarta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Jawa Tengah Selasa, (4/5) melakukan survei eliminasi penyakit kaki gajah dengan mengambil sampel darah kepada sejumlah siswa siswi SD di beberapa Kecamatan di Kabupaten Blora.

Kepala BBTKLPP Yogjakarta Dr. dr. Irene, MKM mengatakan Kabupaten Blora merupakan daerah endimis, jadi setelah pengobatan selama lima tahun berturut-turut, dan sudah dilakukan survei langkah selanjutnya adalah sample darah kepada anak anak SD.

“Ini dilakukan untuk mengetahui apakah masih ada gak penularan penyakit kaki gajah di Kabupaten Blora. Jadi kita mengambil sample sebanyak 1500 anak anak SD di sejumlah Kecamatan, di Kabupaten Blora,” ungkap Irene saat di temui di SD Negeri Keser 2, Kecamatan, Tunjungan.

Ditambahkan Irene, hingga saat ini pihaknya sudah mengambil sample darah sebanyak 1200 anak. Menurutnya sejauh ini hasilnya negatif.

“Untuk bisa dikatakan lolos eliminasi Filariasis, dari 1500 sample darah anak anak Sekolah, misalnya ada yang positif, tidak boleh lebih dari 17. dan alhamdulillah sampai saat ini sudah 1200 sample darah yang kita ambil belum ada yang positif,” jelas Irene.

Ia berharap hingga nanti mencapai 1500 sample darah anak sekolah tidak ditemukan yang positif, jika ada mudah mudahan dibawah 17, agar Blora dinyatakan eliminasi filariasis atau bebas penyakit kaki gajah. Karena jika belum bebas, harus di beri pengobatan masal lagi dua tahun kedepan. (Her/El)