Home Headline Baznas Gandeng Maybank Syariah Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu di Semarang

Baznas Gandeng Maybank Syariah Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu di Semarang

Semarang, 29/4 (BeritaJateng.net) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang dan Pemerintah Kota Semarang serta menggandeng Maybank Syariah memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Balai Kota Semarang, Kamis (29/4/2021).

Ketua Baznas Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, pihaknya dan Maybank  Syariah memberi santunan kepada 1.900 anak yatim piatu se-Indonesia. Di Kota Semarang sendiri, ada 100 anak yang menerima santunan tersebut. Selain itu, mereka juga mendapatkan paket peralatan sekolah. Total dana yang diberikan bagi yatim piatu di Kota Semarang sekitar Rp 25 juta.

“Hari ini yang hadir perwakilan. Secara keseluruhan ada 1.900 anak yatim piatu se-Indonesia yang mendapatkan santunan,” papar Arnaz.

Arnaz menyampaikan, selama ini Baznas Kota Semarang lebih banyak menghimpun zakat, infaq, dan sodaqoh (ZIS) dari kalangan aparatur sipil negara (ASN).

Pihaknya kini mulai menggaet muzakki para pengusaha. Saat ini, hampir 30 persen ZIS yang dipaparkan Baznas berasal dari para pengusaha diantaranya perbankan dan badan usaha.

“Sebelumnya, muzakki dari pengusaha hanya lima persen,” ucapnya.

Sekda Kota Semarang, Iswar Aminudin berharap, kolaborasi bergerak bersama yang disampaikan Wali Kota Semarang terus dilakukan terus dilakukan. Sehingga, perekonomian masyarakat bisa bangkit kembali.

“Kalau semua pihak menyadari bahwa Ramadan berbagi kebaikan, saya yakin ekonomi terus bergerak,” kata Iswar.

Dia mengapresiasi Baznas yang terus berinovasi dan melakukan kreativitas untuk terus meningkatkan penerimaan ZIS dengan mulai menggerakan sektor swasta

“Mas Arnaz yang juga ketua Kadin saya kira mampu untuk menggandeng para pengusaha. Apalagi, Baznas sudah on the track dan kegiatannya juga jelas,” ujarnya.

Sementara itu, Head Syariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari mengatakan, kerja sama dengan Baznas merupakan inisiatif untuk menyalurkan bantuan. “Maybank syariah ingin turut meringankan beban para anak yatim piatu pada momentum Ramadan,” ujar Romy.

Maybank Syariah telah menghimpun dana dari seluruh karyawan-karyawan maybank melalui rekening donasi, yang selanjutnya terkumpul Rp. 1 miliar untuk disalurkan sekaligus santunan pada anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa di seluruh Indonesia.  (El)